makna filosofi “Rejeki iku ora iso ditiru”

makna filosofi “Rejeki iku ora iso ditiru”

Rejeki iku ora iso ditiru

Dunia ini penuh dengan kompetisi. Ada yang berkompetisi dalam hal kekayaan..dan inilah yang paling banyak terjadi. Ada yang berkompetisi tentang pangkat di tempat kerja..ada juga yang berkompetisi untuk meraih jabatan atau kedudukan, misal berlomba untuk menjadi Walikota atau Gubernur bahkan Presiden. Orang tua yang bijak, memberikan nasihat kepada kita bahwa dalam berkompetisi ini, kita bisa menang dan bisa kalah.

Secara umum, manusia berlomba dalam mencari rejeki. Rejeki dalam artian gaji atau penghasilan..meskipun orang bijak di tanah jawa mengatakan bahwa “rejeki ora mung duit” ataupun “rejeki wis ono sing ngatur“. Bagaimana filosofi rejeki yang benar supaya kita tidak salah langkah dalam menghadapi kehidupan di dunia ini?

Rejeki iku ora iso ditiru, meski semua variabelnya sama persis.

“Rejeki iku ora iso ditiru, senajan podo lakumu, senajan podo dodolanmu, senajan podo kerjomu, hasil sing ditompo bakal bedo, iso bedo ning akehe bondho, iso ugo bedo ono ning roso lan ayeme ati, yo iku sing jenenge bahagia.

Kabeh iku soko tresnane Gusti kang Maha kuwasa, sopo temen bakal tinemu, sopo wani rekoso bakal gayuh mulyo. Dudu akehe, nanging berkahe kang ndadekake cukup lan nyungkupi

Wis ginaris ning takdirie manungso, yen opo sing urip kuwi wis disangoni soko sing Kuwoso, dalan urip lan pangane wis cemepak, cedak koyo angin sing diserot mbendinane. Nanging kadang manungso sulap moto lan peteng atine, sing adoh soko awake katon padang cemplorot ngawe-awe. nanging sing cedak ning ngarepe lan dadi tanggung jawabe di sio-sio koyo ra nduwe guno

rejeki iku ora kurang

Rejeki iku wis cemepak soko gusti ora bakal kurang anane kanggo nyukupi kebutuhan manungso soko lair tekane pati. Nanging yen kanggo nuruti karep menungso sin ora ono watese, rasane kabeh cupet ning pikirane ruwet, lan tambah marai buntet…mumet.

Welinge wong tuo: opo sing ono dilakoni lan opo sing urung ono ojo di arep-arep, semelehke atimu yen wis dadi nduwekmu bakal tinemu, yen ora jatahmu opo maneh kok ngrebut soko wong liyo nganggo coro sing olo, yo dienteni wae iku bakal gawe uripmu loro rekoso lan angkoro murko sak njeroning kaluwargo, kabeh iku bakal sirna balik dadi sakmestine.

Yen umpomo ayem iku mung bisa dituku karo akehe bondho ndahno reksane dadi wong sing ora nduwe, untunge ayem iso di nduweni sopo wae sing gelem ngleremke atine ing bab kadonyan, seneng tetulung marang liyan, lan pasrahke uripe marang Pangeran, Gusti Allah ingkang Maha Dumadi.

Kerjo pancen rekoso, ananging luwih rekoso maneh yen ora kerjo, syukuri opo sing wis ono..”

rejeki iku ora iso ditiru
rejeki ora mung duit thok

arti atau terjemahan nasihat Rejeki iku ora iso ditiru

“Rizki orang itu tidak akan sama
Walau sama perjuanganmu
Walau sama jualanmu
Walau sama jenis pekerjaanmu
Hasil yang diterima akan berbeda
Bisa berbeda dari banyaknya harta
Bisa juga berbeda dari kepuasan hati
yaitu yang namanya bahagia

rejeki iku ora iso ditiru
rejeki keluarga bahagia ora ono tunggale

Semua itu terjadi karena kasih Allah Yang Maha Kuasa
Siapa yang ikhtiar akan berhasil
Siapa yang berani hidup susah akan mendapat kemuliaan
Bukan besarnya hasil, tetapi berkah itulah yang akan membuat hidup itu berkecukupan

Sudah digariskan taqdir manusia yang dalam kehidupannya sudah dibekali oleh Allah Yang Maha Kuasa
Jalan kehidupan dan rizki sudah didekatkan, seperti dekatnya angin yang setiap hari kita hirup
Tapi kadang manusia terlena dan tertutup hatinya,
Yang jauh dari dirinya seperti sangat menggoda
tapi yang dekat di depan mata dan jadi tanggungjawabnya malah disia-siakan seperti tiada berguna

Rizki itu sudah didekatkan oleh Allah, tidak akan kurang untuk mencukupi manusia dari lahir sampai mati

Tetapi jika rizki itu untuk menuruti hawa nafsu manusia yang tiada batasnya, maka semua terasa buntu, pikiran jadi stress, dan hati menjadi putus asa

Ingatlah orang tua, apa yang ada dijalani, apa yang tidak ada jangan terlalu diharapkan, pasrahkan hatimu, jika sudah menjadi milikmu akan bertemu, jika bukan hakmu, apalagi dengan merebut dari orang lain memakai cara yang jahat, maka tunggu saja, itu akan membuat hidupmu sakit, susah dan jadi angkara murka dalam keluarga. Semua akan kembali seperti ketentuan-Nya.

Seandainya bahagia itu bisa dibeli dengan banyaknya harta, maka kesusahan pasti milik orang yang tidak punya.

Untungnya bahagia itu bisa dimiliki siapa saja yang mau menentramkan batinnya dalam urusan dunia, suka menolong terhadap sesama dan pasrah hidupnya pada Allah Yang Maha Kuasa atas segalanya.

Kerja memang berat, namun lebih berat lagi jika kita tidak bekerja..”

meski “rejeki iku ora iso ditiru”, kita harus berusaha dengan gigih

Meskipun rejeki ora iso ditiru atau Rizki tiap orang memang berbeda dan pasti tidak akan sama 100%. Namun, kita tetap harus berusaha secara syariat nya terpenuhi. Dalam hal ini, kita dibolehkan mencontoh hal-hal baik yang dilakukan oleh orang lain yang sudah sukses. “Rejeki iku (memang) ora iso ditiru, tapi contohlah semangat dan usahanya yang gigih dalam mencari rejeki”

rejeki ora iso ditiru
rejeki pak Bob ora iso ditiru 🙂

 

beberapa pengalaman pribadi tentang makna rejeki ora iso ditiru:

  • ada sekelompok mahasiswa belajar bersama membahas soal-soal ujian semester. Namun nilai yang didapatkan tetap beda-beda. rejeki “nilai ujian” ora iso ditiru ..hehe

Filosofi rejeki

beberapa orang punya pemahaman yang unik tentang filosofi rejeki..antara lain

  • kerja itu kewajiban, sedangkan rejeki itu pemberian Tuhan
  • kadang dosa menghalangi dan menutupi rejeki kita. Rejeki yang di dekat nggak nampak, rejeki yang jauh kelihatan jelas namun sulit dicapai
  • rejeki seperti merpati. kita diam, ia datang menghampiri. kita dekati, ia pergi berlari
  • rejeki orang saleh, bisa datang dari hal-hal yang tidak diduga.

 

 

# rejeki ora iso ditiru, ora pernah podho plek

# rejeki ora mung duit

# rejeki wis ono sing ngatur

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 ENGINEER'S BLOG