arti dan makna “Wes wayahe”

Wes wayahe artinya?

Penasaran dengan quote orang jawa “wes wayahe”? “wes wayahe” artinya apaan sich..kepo dech. Di pulau jawa terutama Jawa tengah dan DIY, masyarakatnya dikenal sebagai kaum yang nrimo, tekun, pantang menyerah, selalu berpikir positif serta low profile. Bahkan ketika mencapai suatu kesuksesan ataupun mendapatkan sesuatu impian yang telah ditunggu sejak lama, mereka sering menggunakan kata-kata “wes wayahe” yang artinya “sudah saatnya”.

Sebagian orang sering salah memahami dan menganggap orang jawa adalah kaum yang kurang gigih dalam mengejar duniawi ataupun kurang serius. Sebenarnya mereka adalah orang yang tekun, namun tidak menampakkan ketekunannya. Kalaupun ia orang yang kaya, ianya lebih senang tampil “low profile”.

arti wes bahasa jawa wayahe artinya
wes wayahe seneng

arti kata wes wayahe

Wes wayahe sukses kalau diterjemahkan secara bahasa, artinya “sudah saatnya sukses”. Makna yang terkandung dibalik ungkapan tersebut adalah ia sudah berusaha dan bekerja semaksimal mungkin, menunggu sukses dalam waktu yang sangat lama, kemudian ia pasrahkan hasilnya kepada Sang Pemberi Rizki. Pada suatu saat, kalau sudah saatnya tiba, maka kesuksesan akan datang menghampiri. Ungkapan ini menunjukkan sikap yang rendah hati, bahwa kesuksesan yang didapat, bukan mutlak karena usahanya…namun memang sudah saatnya..atau sudah takdirnya tiba.

  • wes wayahe tobat artinya sudah saatnya bertaubat, setelah hidup bertahun tahun sering melakukan dosa, jarang dekat dengan masjid
  • wes wayahe mulih artinya sudah saat nya pulang atau meninggal setelah kita hidup puluhan tahun
  • wes wayahe ganti artinya sudah saatnya ganti
  • wes wayahe munggah pangkat artinya sudah saatnya naik jabatan setelah sekian tahun karirnya tidak berkembang ataupun tertahan
  • wes wayahe menang artinya sudah saatnya menang setelah berlomba dan berkompetisi beberapa kali
  • wes wayahe duwe anak artinya sudah saatnya punya anak setelah penantian yang lama
  • wes wayahe rabi artinya sudah saatnya menikah setelah mencari jodoh berkali kali.. gagal membina mahligai keluarga atau menunggu kedatangan sang pangeran yang nggak kunjung tiba
wes wayahe artinya
wes wayahe oleh gaji gede?

nah, kalau ingin merasakan wes wayahe oleh gaji gede, simak artikel ini ya: how to get salary increase

“wes wayahe” adalah jawaban dari penantian panjang “Semua akan indah pada waktunya”.Mungkin dahulu, banyak yang meremehkan atau mem-bully kita..dan kita waktu itu hanya bisa menjawab “semua akan indah pada waktunya”.

semoga sekarang sudah bisa memahami arti kata wes wayahe.

 

ungkapan “wes wayahe” (sudah saatnya) ini bisa dibalik menjadi sebuah pertanyaan retorik, yaitu “apakah belum saatnya?” misalnya ketika kita jumpa dengan sahabat atau kawan kita yang masih melakukan perbuatan negatif, maka kita akan bertanya “apakah belum saatnya kamu berubah? kapan lagi kamu taubat?”

 

para alim ulama, seringkali mengingatkan masyarakat dengan ayat suci surah al hadid ayat 16

Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.”

 

Terima kasih sudah mampir ke blog engineering. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *