Pabrik pupuk, industri petrochemical yang prospektif

Pabrik pupuk, industri petrochemical yang prospektif

Industri petrochemical

gaji engineer Petrochemical
salah satu fasilitas di Pabrik Pupuk Kujang

kaum awam -bahkan para lulusan sarjana teknik- banyak yang belum mengenal industri petrochemical. Sehingga para mahasiswa teknik jarang yang tertarik untuk kerja di industri petrochemical ini. Paling banyak, lulusan teknik ingin kerja di industri MIGAS yang menawarkan gaji dan kesejahteraan tinggi. Tunggu dulu….jangan semua lulusan teknik ngejar kerja ke industri MIGAS dong…ntar kompetisinya sangat padat dan merayap…loh mirip macet di ibukota 🙂

Petrochemical gabungan dari 2 kata yaitu petroleum dan chemical. Petroleum artinya minyak bumi, sedangkan chemical artinya kimia. Secara umum, petrochemical di artikan sebagai industri yang mengolah minyak bumi dan gas (MIGAS) menjadi bahan-bahan (kimia) setengah jadi ataupun bahan jadi. Nah sekarang udah ngeh khan…industri petrochemical ini masih terkait dengan industri MIGAS..dan gaji dan kesejahteraannya pun nggak jauh beda dengan gaji karyawan MIGAS. Nggak percaya? cobalah tanya ke karyawan Pupuk Kujang, Pupuk Kaltim ataupun Pupuk Sriwijaya ataupun karyawan industri Petrochemical di Cilegon dan Bontang.

Secara keilmuan, kerja di industri petrochemical sangat menantang atau bahasa kerennya challenging. Di industri ini, kita bekerja dengan fluida dari temperetur sangat rendah ( misal di pabrik Pupuk, ada amonia cair dengan temperatur -33 derajat celcius ) sampai ke temperatur tinggi ( misal di reformer, ada gas dengan temperatur > 1000 derajat celcius ). Banyak lulusan teknik kimia, teknik mesin, teknik fisika, teknik instrumentasi ataupun teknik lainnya yang berkembang menjadi sangat ahli (expert) setelah bekerja bertahun-tahun di industri ini. Umumnya mereka sangat puas bekerja di industri ini karena 2 hal:

  • faktor keilmuan
  • faktor gaji dan kesejahteraan

Para engineer yang sudah expert di industri petrochemical sering kali menjadi “target” head-hunter alias para konsultan pencari kerja. Misalnya ada pabrik petrochemical baru, sedang dibangun. Kadangkala mereka membuka lowongan kerja untuk posisi-posisi penting seperti Manager Operasi atau Manager Teknik yang membutuhkan tenaga profesional dan sudah expert dibidangnya, sehingga cara paling cepat adalah mengandalkan konsultan atau head-hunter. Ssst…ini rahasia ya..saya pernah di telpon oleh head-hunter beberapa kali lho… cie cie… bukan nawari saya kerja..tapi nyari info, apakah ada kawan saya yang mau kerja di pabrik petrochemical sebelah yang sedang dibangun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *