Gaji karyawan dan pekerja perusahaan MIGAS – Minyak dan Gas di Indonesia

Gaji karyawan dan pekerja perusahaan MIGAS – Minyak dan Gas di Indonesia

Gaji karyawan perusahaan Minyak

 

Bicara tema dan topik tentang uang memang paling menarik. Menarik sepanjang tahun dan sepanjang masa…bukan musiman tiap 5 tahun seperti pemilu. Bagi para karyawan / pekerja dan mahasiswa tingkat akhir, mereka penasaran dengan besarnya remunerasi atau gaji suatu jabatan di perusahaan tertentu. Apalagi kalau mereka sedang melamar kerja atau sedang mencari lowongan kerja.. Bagaimana trik dan tips untuk mendapatkan informasi tentang besaran gaji?

informasi jenis dan kapasitas perusahaan minyak tersebut

besaran remunerasi dan gaji karyawan perusahaan minyak sangat ditentukan dari Jenis dan Kapasitas perusahaan tersebut. Perusahaan dengan jenis “Operating Company” seperti Pertamina Hulu Energi punya standar gaji yang berbeda dengan perusahan dengan jenis “Service Company” seperti Schumberger. Sampai disini jelas? Operating company adalah perusahaan yang mengoperasikan sebuah ladang minyak atau blok minyak. Contoh nya..Pertamina Hulu Energi (PHE), Pertamina EP, Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Chevron Pacific Indonesia (CPI), ExxonMobil Indonesia dll. Service Company adalah perusahaan yang memberikan jasa / Service kepada operating company. Contohnya.. Schlumberger, Halliburton, Weatherford, Elnusa Drilling Service dll. Kapasitas suatu perusahaan juga mempengaruhi besarnya gaji. Perusahaan minyak nasional (National Oil Company – NOC) tentu punya kebijakan berbeda dengan perusahaan minyak internasional (International Oil Company – IOC). Contoh NOC adalah Pertamina di Indonesia atau Petronas di Malaysia. Contoh IOC adalah Chevron atau ExxonMobil.

informasi status karyawan kontrak atau karyawan tetap Perusahaan Minyak

Karyawan tetap atau kontrak? gaji bulanan atau gaji harian? Perusahaan merekrut karyawan dengan kebutuhan tertentu. ada yang direkrut untuk kebutuhan jangka panjang, jangka menengah atau jangka pendek. jika direkrut untuk jangka panjang, maka biasanya karyawan di angkat sebagai karyawan tetap. Jika untuk kebutuhan jangka pendek atau menengah, karyawan di angkat sebagai karyawan kontrak. kok ada kebutuhan jangka menengah atau jangka pendek? contoh jangka menengah adalah posisi di tim proyek. Biasanya durasi proyek adalah 3 tahun. Misalnya kita sedang membangun sebuah pabrik baru, maka perusahaan konstruksi atau perusahaan EPC akan merekrut karyawan kontrak selama 3 tahun atau 1 tahun tergantung dengan kebutuhan proyek tersebut.

informasi hari kerja

Ada hari kerja dengan sistem 5:2 yaitu 5 hari kerja dan 2 hari libur. Ini yang paling umum. sabtu-minggu libur dan jalan-jalan dengan keluarga atau mantan pacar hehe.. Selain itu, kita juga mengenal 7:7 atau 14:7 tergantung kebutuhan operasional perusahaan. secara umum, yang kerja dengan sistem 14:7 punya penghasilan lebih besar dari yang 7:7 dan 5:2. Ya wajar sajalah…karena jumlah hari kerja dan jam kerjanya juga lebih banyak..ada lemburannya 🙂

informasi lokasi kerja

anda ditawari kerja di tengah laut / offshore atau di kota jakarta? Di kota Duri atau di Balikpapan? secara umum, lokasi kerja di pusat kota, gajinya lebih rendah dengan lokasi kerja di “daerah” .. saya pakai tanda kutip ya. misal karyawan di suatu perusahaan yang sama ( misal sama-sama perusahaan XYZ), maka gaji di Balikpapan lebih besar dengan gaji di Jakarta. Gaji untuk pekerja di tengah laut berbeda dengan gaji pekerja di daratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *