arti slogan kabeh sedulur, kabeh makmur

arti slogan kabeh sedulur, kabeh makmur

kabeh sedulur kabeh makmur

semboyan atau slogan “Kabeh sedulur kabeh makmur” sempat ramai diperbincangkan di tahun 2017 – 2018. Kalimat dalam bahasa jawa tersebut diyakini sebagai ungkapan untuk merangkul semua pihak, bukan menyerang pihak lain. Apa arti sebenarnya dari Kabeh sedulur kabeh makmur? “Kabeh” artinya semua. Kata “kabeh” ini mununjukkan kita..bukan aku atau kamu atau kalian atau kami.. Sedangkan “sedulur” artinya saudara. Bisa di artikan saudara dalam satu keluarga, ataupun saudara dalam artian satu daerah, satu kampung atau satu bangsa. “makmur” artinya sejahtera. Sehingga secara umum, ungkapan tersebut berarti “kita semua adalah saudara, kita semua bisa sejahtera bersama-sama”.

artinya kabeh sedulur kabeh makmur
sedulur adalah saudara kandung. orang yang paling kita hargai

makna tersirat kabeh sedulur kabeh makmur

Saudara adalah orang yang sangat dekat, sehingga kita bisa memahami apa keinginan ataupun harapan saudara kita. Sesama saudara akan lebih mudah memaafkan. Bukankah kita sering memaafkan kesalahan adik atau kakak kita? Bahkan kitapun rela berkorban atau membantu adik dan kakak kita supaya bisa sejahtera. Kitapun pernah merelakan hutang yang tidak sanggup dibayar oleh kakak / adik kita. Bagaimanapun kondisi kakak dan adik kita..kita akan rela menerimanya apa adanya. Sehingga ungkapan “kabeh sedulur” ini menunjukkan kondisi kedekatan yang luar biasa. Kondisi bisa menerima orang lain apa adanya..meski beda ras atau suku. “Kabeh sedulur” ini juga dimaknai sebagai kesiapan untuk saling menghormati dan menghargai saudara kita serta siap bekerja sama..bukan saling bermusuhan.

arti kabeh sedulur kabeh makmur
sejahtera bersama saudara

Kabeh makmur. Siapalah yang tidak ingin makmur atau sejahtera? namun sayangnya..kesempatan kadang tidak hadir untuk semua orang. Kesempatan kadang hanya datang pada sebagian orang-orang dekat saja. Kabeh makmur bisa dimaknai sebagai pernyataan egaliter…semua orang punya hak dan kesempatan yang sama untuk bisa hidup sejahtera. Tanpa membeda-bedakan suku atau ras atau kelompok tertentu. Ungkapan ini memberikan harapan yang sama terhadap semua pihak. Harapan untuk bisa berusaha, memperoleh kesempatan untuk berjuang agar hidup sejahtera. Kabeh makmur, juga bisa di maknai sebagai janji ataupun niat untuk memberikan kesejahteraan kepada semua orang. Semoga para pemimpin Indonesia bisa mewujudkan ungkapan “kabeh sedulur, kabeh makmur”. aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *