Tips menciptakan rasa nyaman dengan teman di kantor

Tips menciptakan rasa nyaman dengan teman di kantor

“Salah dua” cara untuk menjalin hubungan akrab dan harmonis dalam jangka panjang adalah dengan cara menghormati dan menghargai teman kita. Dan “salah satu” cara untuk menghancurkan hubungan pertemanan adalah dengan sikap sombong tidak mau menghargai teman kita. Orang bijak sering berkata, seribu teman terasa kurang, satu musuh terasa cukup. Betul apa betul? kita pasti ingat kenangan saat kopdar di warung kopi ataupun di sebuah resto bersama kawan kuliah atau kawan kerja di kantor. satu atau dua jam ngobrol, rasanya belum cukup.

Berikut ini, sedikit tips dan trick supaya kita bisa akrab dengan teman. Kalau sudah akrab, nanti kita bakalan dapat banyak keuntungan…hehe minimal bisa dijadikan teman curhat dan tempat ngutang saat tanggal tua…Upss.

Sering mengucapkan Terima kasih

ucapan terima kasih bisa menjadikan teman kita merasa lebih nyaman karena ia merasa di hargai. Mulailah ucapkan kata terima kasih dari hal-hal yang ringan atau sepele supaya kita bisa terbiasa mengucapkan kata tersebut saat mendapatkan sesuatu yang besar. Sebagai contoh, ketika ada kawan yang mengingatkan kita untuk melaksanakan sholat ashar disaat kita sedang sibuk kerja mengejar deadline dari pimpinan..maka ucapkanlah Terima Kasih. Uacapan Terima Kasih ini bisa kita modifikasi dengan bahasa yang lebih akrab. Misal bila kita ingin mengucapkan Terima Kasih terhadap teman dari Jawa, kita bisa ucapkan “Maturnuwun, Pak” ataupun “Suwun, Mas”. Ketika bahasanya kita modifikasi dengan bahasa yang lebih akrab, maka efeknya akan lebih terasa.

Hormati yang tua, hargai yang muda

Kita diwajibkan untuk menghormati orang yang lebih tua umurnya. Lebih tua umurnya artinya dia “lebih duluan ada” atau lebih senior. Hal ini juga berlaku di lingkungan kerja. ada teman kerja yang lebih duluan bekerja di satu departemen, maka itupun bisa kita artikan lebih senior meski usianya bisa jadi lebih muda.

Berikan kesempatan untuk berkontribusi

salah satu cara supaya kawan kita merasa nyaman adalah dengan memberikan kesempatan padanya untuk berkontribusi. Misalnya, apabila ada teman yang lebih tua dan sudah berangkat haji, maka kita minta bantuannya sebagai “pembaca doa” di saat meeting kantor ataupun rapat RT/RW. Hal ini akan membuat “eksistensinya” di akui…dan kehadirannya di tunggu-tunggu. Bukankah kita akan merasa bahagia ketika pulang kantor..dan ternyata sudah ditunggu oleh anak-anak dan istri di depan pintu?

Nah itu 3 tips untuk membuat suasana akrab dengan teman di kantor supaya rejeki menjadi berkah. Apakah anda punya tips yang lain? Silahkan berbagi tips di kolom komentar di bawah ini ya. Saya tunggu sharing-nya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *