artinya ungkapan “ngono yo ngono ning ojo ngono”

artinya ungkapan “ngono yo ngono ning ojo ngono”

ngono yo ngono

ungkapan dalam bahasa jawa ini sering di katakan oleh para orang tua kepada anaknya yang nakal ataupun oleh atasan kepada bawahan. “ngono yo ngono ning ojo ngono” artinya adalah “begitu ya begitu tapi jangan begitu”. Nah bingung khan? Silahkan “begitu” tapi “jangan terlalu begitu”. Ungkapan itu bermakna teguran ataupun peringatan. Siapa yang mengingatkan? bisa orang yang lebih tua atau orang yang lebih tinggi jabatannya atau orang yang dituakan bahkan ustadz.

Di Jawa tengah dan Yogyakarta, mengenal berbagai tingkatan bahasa mulai dari bahasa jawa halus ( di bahasa jawa disebut sebagai kromo inggil ) sampai bahasa jawa kasar / biasa saja ( di bahasa jawa disebut sebagai ngoko). Kromo inggil dipakai oleh sesama orang tua. Apabila orang tua bicara kepada anak muda, maka ia memakai bahasa jawa ngoko, namun ketika anak muda bicara kepada orangtua, ia memakai bahasa kromo inggil sebagai penghormatan.  “ngono yo ngono ning ojo ngono” adalah tingkatan bahasa jawa ngoko. Ini menunjukkan perkataan dari pihak yang lebih tua kepada yang lebih muda. Ungkapan tersebut, bila memakai bahasa jawa kromo inggil menjadi “mekaten nggih mekaten, namung ampun mekaten”.

arti ngono yo ngono ning ojo ngono

 

Makna “ngono yo ngono ning ojo ngono”

ungkapan tersebut diterjemahkan dalam bahasa indonesia artinya sbb : boleh-boleh saja kamu berbuat (kesalahan) seperti itu, namun ya janganlah terlalu. Misalnya ketika ada anak sedang menyontek dalam ujian, maka seorang pengawas ujian akan mempertimbangkan tingkat kesalahan atau seberapa parah ia menyontek. Kalau hanya sekali-sekali, matanya melirik ke lembar jawaban teman di sampingnya, maka itu masih di anggap wajar dan tidak perlu dihukum. Namun kalau ia sampai bawa copy-paste seluruh jawaban temannya..maka ini sudah keterlaluan dan harus di hentikan. Ungkapan ini juga bermakna sebagai “peringatan terakhir”.. semacam kartu kuning dalam dunia sepak bola. Kalau sudah diberi peringatan masih juga nekat..maka akan di ambil tindakan tegas alias keluar kartu merah. Priittt…..prit…prit…priiiiiittttt!?!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *