Memahami sepi ing pamrih rame ing gawe

Sepi ing pamrih rame ing gawe

Ungakapan “sepi ing pamrih rame ing gawe” ini berasal dari Bahasa Jawa. Sepi artinya sunyi. Pamrih artinya ada tujuan, ada keinginan tersembunyi misalnya pencitraan. Rame artinya ramai. Gawe artinya kerja. Bila diteremahkan secara lengkap artinya tidak banyak pencitraan, tidak punya niat tersembunyi tapi rajin bekerja dan bermanfaat.

Sepi ing pamrih

Kalau kita kaitkan ungkapan tersebut dengan ajaran agama, maka sepi ing pamrih rame ing gawe artinya bekerja dengan tulus dan ikhlas. Bekerja dan berbuat hanya mengharapkan balasan Alloh Tuhan Yang Maha Esa. Tidak mengharapkan pujian dan balasan dari manusia. Tidak mengharapkan popularitas. Jauh dari niat pencitraan. Apalagi hasil kerja orang lain kemudian kita klaim sebagai hasil kerja kita. Ungkapan tersebut di awali dengan ajakan untuk meluruskan niat, menyucikan hati dan pikiran. Sepi Ing Pamrih. Jujurlah sejak dari pikiran. Nggak usah Pamrih..nggak perlu pamer. Nggak usah berharap popularitas. Kalau pun niat nya nggak bisa bersih 100%, tapi berusahalah untuk meminimalkan Pamrih sedikit mungkin. Sehingga dipilihlah kata “sepi” atau sunyi.

Sepi ing pamrih rame ing gaweRame ing gawe

Mirip dengan istilah kerja kerja kerja. Setelah membersihkan niat di dalam hati, maka hendaknya kita lanjutkan dengan amal perbuatan sebanyak mungkin. Bekerja semaksimal mungkin. Semakin banyak pekerjaan dan beramal, maka dampaknya akan semakin terasa. Manfaat nya terasa betul.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *