pekerjaan engineering yang paling dicari adalah mechanical engineer

apa arti engineering?

Engineering sering diterjemahkan dengan 2 macam kata yaitu rekayasa dan teknik. Sebagai contoh mechanical engineering diterjemahkan dengan teknik mesin sedangkan electrical engineering diartikan sebagai teknik elektro. Perusahaan engineering adalah perusahaan yang melakukan fungsi rekayasa. Perusahaan tersebut mempunyai pekerja dengan background Sarjana teknik atau insinyur.

jurusan engineering
Fakultas teknik

Apa tugas dan tanggung jawab engineer atau insinyur?

secara umum pekerjaan engineering adalah melakukan rekayasa, simulasi, perancangan, analisa untuk menyelesaikan masalah dengan ilmu fisika, kimia, matematika dll. Sebagai contoh nyata, seorang engineer di bidang konstruksi pipa, ia bertugas untuk memasang pipa dengan baik dan benar sehingga proyek berjalan dengan selamat. Dalam melakukan tugasnya, ia harus mempertimbangkan beban pipa yang di rekayasa dengan ilmu fisika dan matematika. Ketika melakukan pengelasan pipa, ia harus mempertimbangkan cara pengelasan yang terbaik memakai ilmu fisika, kimia dan elektro. Output atau deliverable dari project engineer adalah pekerjaan selesai dengan selamat, tepat waktu dan sesuai budget.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, seorang engineer harus berfikir logis, sesuai dengan nalar dan ilmu pengetahuan. ia juga harus memiliki wawasan yang luas. Dalam dunia kerja, seorang engineer wajib memiliki kemampuan teknis, pandai berkomunikasi, mempunyai jiwa leadership dan selalu belajar hal-hal baru.

Site engineer dan site manager

dalam suatu proyek, kita mengenal 3 tahap yaitu tahap perancangan (engineering), tahap pengadaan barang&jasa (procurement) dan terakhir tahap pelaksanaan kontruksi. engineer yang bertugas di tahap konstruksi sering disebut sebagai site engineer. Ia tinggal di lokasi proyek atau di project site. Tugasnya site engineer adalah memastikan proyek berjalan dengan baik, selamat, sesuai jadwal dan sesuai budget. Dalam proyek skala menengah dan skala besar, ada banyak site engineer yang terlibat. Seorang site manager bertugas untuk memimpin proyek di suatu project site. Site manager adalah pimpinan tertinggi di lokasi. Ia bertangung jawab secara penuh dalam memimpin tim engineering, tim safety dan laporan keuangan.

tugas site engineer
site engineer di suatu proyek

berdasarkan pengalaman kerja selama lebih dari 15 tahun, sarjana teknik mesin atau mechanical engineer paling banyak di temui di lokasi proyek. Urutan selanjutnya adalah sarjana teknik kimia, teknik sipil dan teknik elektro.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *