Area sales manager, lulusan teknik mesin

Jabatan Manager

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam melamar kerja adalah jabatan atau job title. Sebagian pekerja merasa lebih keren kalau punya jabatan sebagai Manager. Misalnya Maintenance Manager, Production Manager, Site Manager ataupun Area Sales Manager. Jabatan ini bisa menaikkan status sosial di komunitas tertentu.

 

Apa tugas Manager? Secara umum tugasnya adalah “mengelola” atau “manage” suatu tim sehingga tim tersebut bisa mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Seorang Manager yang sukses adalah orang yang berhasil menggerakkan seluruh anggota tim untuk mencapai target tepat waktu dan tepat sasaran.

Kenapa lulusan teknik bisa bekerja sebagai “Sales Area Manager” ? Bukankah “Sales” adalah posisi atau jabatan untuk lulusan ekonomi ataupun marketing? Disini uniknya. Ketika perusahaan membuka lowongan kerja, mereka memberikan persyaratan atau requirement yang diperlukan oleh calon pekerja. Nah kebanyakan lulusan teknik sudah terbiasa dengan kerjaan : analisa, koordinasi, berfikir logis, pandai matematika serta lincah berkomunikasi. Apalagi kalau saat kuliah, dia sering bergabung dalam aktivitas organisasi mahasiswa..hemm…ini bagus banget. Kondisi atau kualifikasi lulusan teknik sering kali cocok dengan persyaratan yang di butuhkan untuk posisi “Sales area manager” sehingga wajar saja kalau lulusan teknik bisa bekerja pada posisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *