Hidup adalah perjuangan

Perjuangan hidup

“saya ingin anak saya sukses”

“saya ingin..anak saya tidak merasakan susahnya hidup seperti yang saya alami”

“saya ingin anak saya mempunyai kehidupan yang lebih baik dari saya”

“dulu ketika saya kuliah di Mesir, saya jarang memikirkan kondisi ayah dan ibu di Indonesia. sekarang anak saya kuliah di Mesir..hampir tiap hari saya memikirkan bagaimana kondisi anak saya”

“ribuan kilo jalan yang engkau tempuh, lewati rintangan demi aku anakmu”

#$@&*^%#

Perjuangan hidup orang tua adalah kisah yang selalu manis untuk dikenang. Lebih manis dari kisah nostalgia anak pacaran. atau kisah kasih anak SMA. Perjuangan itu dimulai dari saat anak buah hati lahir di dunia ini. Proses melahirkan saja sudah sangat susah..butuh perjuangan luar biasa. Bahkan sebagian orangtua berjuang untuk mendapatkan keturunan. Perjuangan orang tua itu mirip film “mission impossible”…misi ataupuan tugas yang “tidak mungkin bisa dilakukan atau pun bisa diselesaikan tanpa upaya yang sungguh-sungguh”.

Kalau dalam film “mission impossible” misinya adalah membebaskan tawanan di penjara..maka misi orang tua jauh lebih susah. orang tua punya misi menyelamatkan anak-anaknya dari kejamnya dunia. atau bahkan selamat sampai di akhirat sana. perjuangan ini bukan hanya satu atau 2 jam seperti dalam film. perjuangan ini berhari-hari. berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Bahkan setelah anaknya selesai sekolah, orang tua masih punya misi mencarikan pekerjaan yang layak untuk anaknya. Setelah dapat kerja, orang tua berdoa supaya anaknya dapat jodoh yang baik, sholeh/sholehah. tak sampai disitu…orangtua mendoakan agar anaknya bisa sukses dalam berkeluarga. inilah bukti cinta yang sesungguhnya dari orang tua terhadap anaknya.

bahkan ketika orangtua memasuki masa pensiun…ia masih saja memikirkan nasib anak-anaknya. sungguh sangat indah kisah kasih orang tua kepada anak-anaknya. Semoga para orang tua mendapatkan balasan pahala yang sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *