skill kerja yang paling dibutuhkan oleh perusahaan di tahun 2019

skill kerja yang dibutuhkan

pada saat ini, otomatisasi kerja sudah menguasai pabrik dan sebagian telah menggantikan tenaga kerja manusia. Apakah perusahaan masih membutuhkan tenaga kerja? skill atau ketrampilan apa yang paling dicari oleh perusahaan? Perusahaan sangat membutuhkan tenaga kerja dengan kombinasi kuat dari soft skill dan hard skill. Sebuah analisis oleh LinkedIn yang diterbitkan dalam laporan “Future of Jobs” oleh World Economic Forum (WEF) menyimpulkan bahwa keterampilan “manusia”, seperti orisinalitas, inisiatif dan pemikiran kritis, sangat dibutuhkan saat teknologi terus maju dan otomatisasi tumbuh.

“Memperkuat soft skill adalah salah satu investasi pendidikan terbaik yang dapat dilakukan dalam karier karena kemampuan ini tidak pernah ketinggalan zaman,” kata editor pendidikan LinkedIn Paul Petrone.

soft skill dan hard skill pekerja

soft skill

Lima soft skill yang paling dibutuhkan:
1. Kreativitas
2. Persuasi
3. Kolaborasi
4. Adaptasi
5. Manajemen waktu

5 soft skill tersebut menjelaskan bahwa saat ini kebutuhan perusahaan terhadap pekerja sudah mengalami pergeseran. Perubahan tersebut berjalan seiring dengan kondisi perkembangan dunia kerja. Mahasiswa yang sedang belajar di perguruan tinggi, diharapkan mulai menyadari kebutuhan soft skill ini sehingga mereka tidak hanya fokus mengejar IPK, namun juga ikut aktiv dalam kegiatan organisasi sehingga bisa meningkatkan soft skill persuasi, kolaborasi ataupun kreativitas.

hard skill

5 hard skill yang paling dicari/dibutuhkan perusahaan saat ini:

1. Cloud computing
2. Artificial intelligence
3. Analytical reasoning
4. People management
5. UX Design

nah setelah memahami skill yang paling banyak dicari oleh perusahaan, maka kita bisa menyiapkan skill tersebut untuk memenuhi harapan perusahaan dan juga untuk menyiapkan diri dalam berkompetisi.

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *