Mengenal seluk beluk industri dan Perusahaan Migas Indonesia, pekerja dan benefitnya

Perusahaan Migas Upstream, midstream, downstream

Industri Migas atau minyak dan gas secara umum terbagi menjadi 3 yaitu industri upstream, midstream dan downstream. Pembagian ini berdasarkan urutan kerja dari hulu sampai hilir. Perusahan migas di Upstream fokus pada bisnis mencari migas di dalam bumi, mengangkat migas dari dalam bumi dan “mengolah”nya menjadi minyak mentah atau gas alam. Proses pengolahan yang dilakukan adalah pemisahan fluida dari dalam sumur ( producer well ) menjadi minyak mentah dan fluida-fluida lain yang tidak bisa di gunakan. Contoh perusahaan Migas di bagian hulu adalah Pertamina Hulu Energi, Chevron, BP dll. Output dari perusahaan di upstream adalah minyak mentah ataupun gas alam. Perusahaan Migas bagian upstream ini paling banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia.

perusahaan migas di indonesia

Bagian kedua adalah perusahaan midstream. Bagian tengah. Mereka fokus pada delivery atau pengiriman minyak mentah / gas alam dari upstream ke downstream. Contoh nya adalah perusahaan Transportasi Gas Indonesia (TGI) atau Perusahaan Gas Negara (PGN). Sebagian pihak juga menjelaskan bahwa industri midstream adalah perusahaan yang mengolah bahan mentah (minyak mentah atau natural gas) menjadi bahan setengah jadi. Misalnya perusahaan Amonia yang mengolah Gas Alam menjadi Amonia. Biasanya lokasi perusahaan ini dekat dengan perusahaan upstream atau pun dekat dengan downstream. Ada perusahaan amonia yang lokasi nya dekat dengan Pabrik Pupuk ataupun Pabrik Nitrat. Contoh lainnya adalah perusahaan LNG yang mengolah gas alam menjadi LNG. Kemudian menjual LNG melalui kapal tanker. Bagian akhir di hilir adalah perusahaan Downstream yang mengolah bahan mentah ataupun bahan setengah jadi menjadi bahan jadi. Contohnya anak perusahaan Pertamina yang fokus mengolah minyak mentah menjadi premium, pertalite ataupun pertamax.

perusahaan migas di indonesia
Kilang Minyak di Indonesia

offshore atau onshore?

Perusahaan Migas bagian upstream ada yang lokasinya di tengah laut atau kita kenal dengan offshore. Lokasi di offshore, ada yang di laut dalam dan ada juga yang di laut dangkal. Ada juga yang lokasinya di “muka laut” atau muara sungai serta ada yang lokasinya di rata atau kita kenal dengan istilah onshore. Dan, ada yang lokasinya di tengah hutan atau kita kenal dengan sitilah “remote area”. Contoh perusahaan Migas di offshore adalah Pertamina Hulu Mahakam di dekat kota Balikpapan Kalimantan Timur. Secara umum, semakin sulit lokasi kerjanya, maka akan mendapatkan gaji lebih besar. Pegawai Migas yang di offshore akan mendapatkan tunjangan kerja khusus.

Nah setelah paham istilah upstream, midstream, downstream, offshore, onshore dan remote area….Kamu tertarik kerja di bagian mana? seringkali orang bingung untuk memilih..Gaji besar, jauh dari keluarga atau Gaji kecil, dekat dengan keluarga? kalau bisa milih, tentu yang paling afdhol adalah gaji besar dekat dengan keluarga. Mantul.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *