Tugas dan fungsi tim maintenance

Maintenance department

Maintenance department adalah tim inti dalam setiap perusahaan. Kadangkala tim maintenance digabungkan dengan tim Operation sehingga biasa disebut Operation and Maintenance atau sering dikenal sebagai O&M. Tim maintenance juga sering digabungkan dengan tim Engineering sehingga disebut Maintenance & Engineering. Secara umum, tim Maintenance mempunyai fungsi Perawatan. Tugas tim maintenance adalah merawat peralatan. Berikut ini saya jelaskan beberapa tugas dari pegawai di tim Maintenance

Tugas tim maintenance – Engineer

Dalam tim maintenance ada posisi atau jabatan engineer. Mereka ini sering dikenal sebagai Maintenance engineer. Tugas maintenance engineer adalah membuat program maintenance melalui beberapa metode. Salah satu metode yang terkenal adalah Reliability Centered Maintenance. Output dari Maintenance engineer adalah program Preventive maintenance, predictive maintenance ataupun program inspection. Target atau Key Performance Indicator dari Maintenance engineer adalah meminimalkan emergency shutdown suatu equipment. Semakin sedikit jumlah emergency shutdown, berarti program maintenancenya sudah bagus.

Tugas tim maintenance – inspektor

Seorang inspektor bertugas melakukan pekerjaan inspeksi pada peralatan. Sebagai contoh, inspektor mengambil data vibrasi pada pompa secara berkala misalnya tiap 3 bulan. Contoh lainnya, inspektor melakukan inspeksi pada dinding tanki ataupun vessel tiap 4 tahun untuk mengetahui korosi yang terjadi. Output dari inspektor adalah laporan kondisi peralatan, apakah masih dalam kondisi normal atau alert atau fault sehingga memerlukan perbaikan.

Tugas tim maintenance – teknisi

Teknisi bertugas untuk melakukan perbaikan peralatan ketika peralatan tersebut rusak ataupun melakukan perbaikan sebelum terjadi kerusakan. Teknisi juga bertugas untuk melakukan troubleshooting pada saat terjadi masalah atau error pada peralatan. Misalnya ada masalah : pompa tidak bisa start karena gangguan sistem instrumentasi.

predictive pompa sentrifugal
pompa sentrifugal

Dari 3 posisi tersebut, kita bisa mendapatkan gambaran dari tugas tim maintenance secara umum. Selain 3 posisi yang sudah saya sebutkan, masih ada posisi-posisi lain yaitu RCM Engineer, RBI engineer, Mechanical Rotating Engineer, Mechanical Static/fixed engineer, Instrument engineer, electrical engineer, foreman, Analis, supervisor, Group leader, Superintendent, Team leader, Manager dll. Jumlah pekerja di tim maintenance di tentukan oleh beban kerja atau target tim tersebut. Semakin luas pabrik, semakin banyak peralatan …maka tim maintenance nya makin besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *