Pengelasan GTAW – Gas tungsten arc welding

GTAW ~ Gas tungsten arc welding, Tak kenal maka tak sayang

Bagi orang awam, proses pengelasan bisa di ibaratkan dengan proses menjahit baju…alias menggabungkan 2 bahan menjadi satu. Seperti halnya baju..bagian yang paling sering robek adalah kain yang dekat dengan jahitan atau jahitan itu sendiri yang rusak. Begitu juga dengan pengelasan logam, seringkali terjadi kerusakan pada sambungan las atau daerah sekitar las (Heat affected zone – HAZ). Menjaga kualitas adalah hal yang sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan memilih proses las yang berkualitas tinggi yaitu proses las GTAW atau Gas Tungsten Acr Welding. Las GTAW memerlukan skill welder tingkat tinggi dan hanya welder berpengalaman bisa menggunakan melakukan proses ini ( maksudnya welder GTAW biasanya gajinya tinggi hehe). Las GTAW sering dipakai pada sambungan pipa stainless steel ataupun root welding pada pipa atau pressure vessel dengan material carbon steel ataupun low Alloy dan high Alloy. Kemudian setelah rootnya selesai, dilanjutkan dengan pengelasan SMAW yang lebih cepat.

kelebihan gtaw - gas tungsten arc welding
gtaw – gas tungsten arc welding

Pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah sebuah proses pengelasan busur listrik yang menggunakan elektroda tak terumpan (maksudnya elektroda nya tidak meleleh, tidak termakan, bukan consumable material). Pada pengelasan GTAW ini, tungsten yang berfungsi sebagai elektroda hanya penghasil busur listrik saat bersentuhan dengan benda kerja. Busur listrik ini sebagai penghasil panas yang bisa melelehkan air mata…( eh ngacau!)  melelehkan filler atau logam pengisi. Elektroda di tangan kanan welder dan filler di tangan kiri welder. Mirip orang yang sedang makan yach…sendok di tangan kanan, garpu di tangan kiri 🙂 Kalau weldernya kidal, elektroda di tangan kiri dan filler di tangan kanan.

Pada pengelasan GTAW ini, kita menggunakan gas pelindung yaitu gas Argon. Sehingga GTAW juga sering disebut dengan Las Argon. Gas pelindung gunanya untuk melindungi cairan las yang masih basah supaya tidak terkontaminasi udara kotor dari luar. Biar las nya bersih. Las GTAW ini juga disebut dengan Las TIG yang mempunyai kepanjangan Tungsten Inert Gas, perbedaan ini hanya penyebutannya saja. Kalau GTAW itu lebih sering untuk istilah Amerika sedangkan TIG adalah untuk daerah Eropa.

Perlengkapan Las GTAW TIG (Gas Tungsten Arc Welding) :

1. Mesin Las GTAW
Mesin las gas GTAW ini mempunyai dua jenis arus listrik yaitu AC dan DC. Namun yang paling sering digunakan adalah arus DC. Dalam mesin las Arus DC juga terdapat dua jenis polaritas yaitu Polaritas DCEN (Direct Current Electroda Negative) dan DCEP (Direct Current Electroda Positive). DCEN digunakan untuk pengelasan yang membutuhkan penetrasi dalam seperti root pada sambungan V Joint. Penetrasi dalam, ini ibarat sumur. Luasan areanya kecil, tapi dalam banget. Sedangkan sebaliknya, DCEP biasanya digunakan untuk pengelasan yang dangkal tapi melebar ( seperti Danau ).

2. Welding Torch
Welding Torch adalah alat yang biasanya dipegang di tangan kanan welder. Welding torch berfungsi sebagai pegangan saat proses pengelasan. Welding torch berisi beberapa komponen seperti ceramic cup (yang berfungsi sebagai tempat keluarnya gas pelindung), tempat elektroda / tungsten, penghantar arus listrik, selang gas pelindung Argon.

gtaw gas tungsten arc welding
tabung untuk gas tungsten arc welding

3. Tabung Gas
Tabung gas berfungsi sebagai penyimpang gas pelindung yang digunakan untuk proses pengelasan GTAW. Ada beberapa jenis gas pelindung, yaitu Argon, Helium atau Argon campur Helium. Saat proses pengelasan, gas akan disalurkan melalui selang dari tabung ke welding torch.

4. Kawat Las (Welding Rod/filler)
Kawat las atau filler yang digunakan bermacam macam, ada tipe ER 70 S, ER 308 L – 16, ER 309 Mo L, ER 309 Mo L- 16/17, ER 316 L – 16, ER 312 – 16.

5. Tungsten  / Elektroda

Kelebihan / keuntungan Las GTAW :

  • tidak menghasilkan slag, sehingga hasil pengelasan tidak perlu dibersihkan
  • Aliran gas pelindung menjadikan daerah disekitar cairan logam tidak mengandung udara sehingga mencegah pengotoran oleh nitrogen dan oksigen.
  • Hasil lasan lebih kuat karena dapat penetrasi yang dalam dan ketahanan korosi lebih tinggi.
  • Hasil pengelasan sangat bersih.
  • Proses pengelasan dapat diamati dengan mudah, asap yang timbul tidak banyak.
  • Jarang terjadi deformasi karena pusat panas sangat kecil.Tidak menghasilkan spater atau percikan las sehingga lasan lebih bersih.

Kekurangan / kerugian Las GTAW :

  • kecepatan las GTAW rendah atau produktivitasnya rendah
  • dapat terjadi burnback pada saat proses pengelasan berlangsung
  • jika angin terlalu kencang, gas pelindung permukaan pengelasan tidak dapat melindungi secara maksimal, maka sering terjadi cacat las porositas atau lubang-lubang kecil.
  • Dapat terjadi tungsten inclusion, yaitu bagian tungsten “rontok” dan masuk ke daerah las.

nah setelah kita tahu kelebihan dan kekurangan proses las GTAW atau TIG, maka para mechanical engineer ataupun maintenance engineer bisa menggunakan proses las tersebut dalam project-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *