apa arti manajemen proyek?

Pengenalan arti Manajemen Proyek

Kita semua mengelola proyek dalam kehidupan pribadi kita: sekolah, kuliah, menacari kerja, mempersiapkan pernikahan atau mempersiapkan perjalanan Haji ke Tanah Suci dll.

Manajemen proyek juga sering disebut “manajemen proyek”. Istilah ini sering digunakan dalam perusahaan multinasional ataupun Perusahaan Minyak dan Gas (Oil and Gas company) serta pada perusahaan EPC.

Karakteristik umum untuk setiap proyek adalah kendala keterlambatan, biaya dan sumber daya. Ketika suatu negara menerima Pertandingan Olimpiade, tanggal yang harus dihormati tidak dapat ditunda. Yang lain lebih fleksibel dalam waktu mereka.

arti manajemen proyek
manajemen proyek

Bagaimana cara mendefinisikan manajemen suatu proyek?

Ini adalah seperangkat sarana manusia dan material untuk mencapai tujuan dalam waktu yang pasti.

Untuk berhasil dalam manajemen proyek, perlu untuk memotongnya menjadi beberapa fase dan menempatkan fase-fase ini dalam waktu, yaitu menambahkan tanggal mulai dan berakhir pada setiap fase, yang disebut sebagai perencanaan proyek , dan untuk beberapa proyek dengan tenggat waktu yang ketat, beberapa fase tumpang tindih seiring waktu. Untuk setiap fase proyek, kami menugaskan sumber daya manusia, yaitu orang-orang dengan keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi tujuan fase proyek. Kita juga harus mendefinisikan dan memantau biaya material dan manusia.

Ketika Anda harus mengelola suatu proyek, Anda harus mengajukan pertanyaan tentang metode penataan proyek, sifat pembagian proyek dari sub proyek bersarang, perencanaan tugas, antisipasi kebutuhan sumber daya Sumber daya ini dan akhirnya pemantauan biaya dan tenggat waktu.

Berikan makna pada proyek Anda

Sebelum Anda bertatap muka dalam manajemen suatu proyek, sebaiknya tanyakan pada diri sendiri pertanyaan nyata: apa tujuan sebenarnya dari proyek tersebut. Karena jika Anda memberi makna pada proyek-proyek di mana Anda terlibat, Anda akan bekerja lebih efektif untuk keberhasilan proyek ini.

Perangkat lunak manajemen proyek

Untuk membantu kami mengelola tujuan proyek dengan lebih baik, banyak paket perangkat lunak manajemen proyek tersedia di pasaran. Saya akan menyajikan Anda beberapa kali di blog ini. Yang paling terkenal adalah Microsoft Project dan Open Workbench. Saya juga menginstal freeware yang disebut Gantt Project.

Risiko proyek

Setiap proyek memiliki risiko yang bijaksana untuk diantisipasi dan dievaluasi. Dimensi manusia dari proyek ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Manajemen proyek yang efektif juga melibatkan manajemen risiko proyek, yang kurang dalam sifat proyek, kurangnya sumber daya manusia yang disesuaikan dengan sifat proyek, kekurangan dana, dll …

Faktor kunci keberhasilan suatu proyek

Berikut adalah beberapa faktor kunci keberhasilan suatu proyek:

  • Seorang manajer proyek yang kompeten yang menguasai perangkat lunak manajemen proyek yang baik
  • Sumber daya manusia dengan keterampilan untuk proyek tersebut
  • Penugasan yang tepat dari sumber daya untuk tugas-tugas yang sesuai dengan keahliannya
  • Anggaran yang cukup
  • Motivasi yang baik untuk seluruh tim proyek

 

Stay tune pada artikel Manajemen Proyek selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *