Apa arti profesi Planning and Scheduling Engineer ?

Job Title dan Job function seorang Planning and Scheduling engineer

saya sudah bekerja lebih dari 10 tahun di berbagai perusahaan lokal dan multinasional. Sebagian besar teman saya adalah engineer yang mempunyai beraneka ragam job title ataupun job function. Job title atau jabatan mempunyai makna yang berbeda dengan job function atau fungsi kerja. Sebagai contoh, pada skala project yang kecil seorang yang mempunyai jabatan Project engineer, dalam menjalankan kerjanya ia juga mengerjakan fungsi Project manager, mengurusi pembelian barang / material ( fungsi pengadaan barang – procurement ) serta merencanakan dan menjadwalkan tiap langkap pekerjaan ( planning & scheduling ). Pada kesempatan kali ini, saya akan jelaskan profesi dari Scheduling engineer.

gaji planner berapa
Maintenance planning and scheduling

Scheduling engineer bertugas untuk mengembangkan dan mengoptimalkan metode pembuatan produk dan mengelola produksi dalam suatu perusahaan. Dia mengelola pesanan dan rencana sesuai dengan waktu pengiriman. Dia juga orang yang berurusan dengan aliran bahan dan produk dan dapat memimpin tim teknisi atau manajer. Seorang  Scheduling engineer harus sangat fleksibel karena tugasnya akan banyak dan beragam. Profesi ini bisa bekerja di pabrik, pada sebuah maintenance team ataupun pada sebuah project EPC yang besar.

Apa nama lain dari posisi Scheduling engineer?

Scheduling engineer juga dapat disebut “Insinyur Manajemen Produksi”, “Planning and scheduling engineer”, “Maintenance Planning and Sceduling”, “Facility Engineer – Planning”, “Planner” dan lain sebagainya.

Berapa gaji dan berapa penghasilan Scheduling engineer?

besarnya gajai dipengaruhi oleh pengalaman kerja dan Perusahaan yang ia tempati. Sebagai contoh, apabila Scheduling engineer bekerja di perusahaan multinational maka gaji nya berkisar dari 7 juta sampai 30jutaan per bulan. Di Eropa, profesi ini bisa mendapatkan gaji rata-rata sekitar 57.000 euro per tahun. Lumayan khan?

 

Bagaimana cara kerja sebagai Scheduling engineer ?

setiap profesi mempunyai cara kerja yang berbeda dengan profesi lainnya. Berikut ini ciri kerja scheduling engineer

  • Kerja tim;
  • Keserbagunaan profesi.
  • Mobilitas geografis seringkali diperlukan;
  • Jadwal kerja bisa bervariasi.

kualitas dan keterampilan yang dibutuhkan

Apa kualitas dan keterampilan yang diperlukan untuk dipekerjakan sebagai Scheduling engineer?
Scheduling engineer harus menjadi pemimpin tim dan manajer yang baik. Dia harus memimpin tim dan karena itu dapat menunjukkan otoritas. Ia juga harus diorganisir dalam pekerjaannya, otonom dan responsif; posisi ini membutuhkan keserbagunaan besar, sehingga Anda harus dapat menguasai beberapa operasi secara bersamaan. Perasaan kontak juga akan dihargai karena Insinyur Penjadwalan akan mobile dan harus pergi secara teratur ke berbagai perusahaan untuk berkolaborasi dengan pelanggan atau pemasok. Profil komersial karenanya sangat dihargai.

gaji lulusan teknik
sarjana teknik

Pendidikan dan Pelatihan

Pelatihan apa dan bagaimana menjadi Scheduling engineer?

Pekerjaan Scheduling engineer sering mensyaratkan pendidikan S-1 bahkan beberapa kandidat dengan pendidikan S-2 lebih di utamakan. Namun, tidak jarang bagi beberapa siswa otodidak dengan sarjana muda profesional atau teknisi memiliki kesempatan ke posisi ini; dengan pengalaman yang sangat bagus dalam fungsi perencanaan-penjadwalan metode atau dalam fungsi produksi, memang mungkin untuk meyakinkan pemberi kerja. Pengusaha juga sering memerlukan penguasaan satu atau lebih perangkat lunak (software) manajemen produksi (CAPM: Computer Assisted Production Management).

Ke mana harus pergi setelah penjadwalan karir teknik? Apa yang harus dilakukan setelah Scheduling engineer?

Scheduling engineer kemudian dapat mengambil posisi Manajer Proyek. Dia kemudian akan mengurus bagian TI dari bisnis dan mengimplementasikan perangkat lunak baru yang lebih efisien. Ia juga dapat berevolusi ke posisi manajer layanan manajemen produksi. Penguasaan besar dalam CAPM serta penjadwalan dan manajemen persediaan akan diperlukan untuk mencapai posisi ini yang meningkatkan operasi perusahaan secara keseluruhan.

Perusahaan mana yang dapat merekrut Scheduling engineer?

Pekerjaan Penjadwalan Insinyur dipraktekkan di perusahaan besar maupun di UKM (usaha kecil dan menengah). Perusahaan industri adalah yang pertama kali digunakan. Scheduling engineer kemudian dapat bekerja di berbagai sektor: agribisnis, industri farmasi, project EPC , ataupun Perusahaan Minyak dan Gas dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *