apakah keuntungan dan manfaat kuliah di teknik mesin

Apa itu Teknik Mesin? Apa yang dilakukan oleh Insinyur Mekanik?

Mesin-mesin yang kita jumpai setiap hari seperti mobil, AC, lemari es, komputer pribadi, dan banyak lagi perangkat merupakan bukti kontribusi bidang studi teknik mesin. Hampir setiap aspek kehidupan kita tersentuh oleh teknik mesin,  cabang teknik yang melibatkan desain produksi dan pengoperasian mesin. Teknik mesin merupakan salah satu disiplin ilmu teknik tertua dan terluas. Mahasiwa teknik mesin membutuhkan pemahaman tentang bidang-bidang inti seperti mekanik, dinamika, termodinamika, ilmu material dan listrik. Insinyur mesin menggunakan alat-alat seperti desain yang dibantu komputer dan manajemen siklus hidup produk untuk merancang dan menganalisis pabrik, peralatan dan mesin industri, sistem pemanas dan pendingin, Sistem Transportasi, pesawat, perahu, robot, peralatan medis, senjata dan banyak lagi.

apa yang mechanical engineer lakukan?

peran seorang insinyur mekanik adalah untuk membawa produk dari suatu ide ke pasar. untuk mencapai hal ini diperlukan berbagai keterampilan yang sangat luas. insinyur mekanik perlu memperoleh pengetahuan khusus dan keterampilan yang kompleks. mereka perlu memahami kekuatan dan lingkungan termo yang akan dihadapi oleh suatu produk bagian atau subsistemnya. untuk merancang mereka untuk estetika fungsionalitas dan kemampuan untuk menahan kekuatan dan lingkungan termal mereka akan dikenakan. dan mereka juga perlu menentukan cara terbaik untuk membuatnya dan memastikan mereka akan beroperasi tanpa kegagalan. mungkin satu keterampilan yang menjadi domain eksklusif insinyur mesin adalah kemampuan untuk menganalisis dan merancang objek dan sistem dengan gerakan.

tugas-tugas pekerjaan insinyur mekanik bergantung pada industri tempat mereka berada, tetapi dapat mencakup merancang dan mengimplementasikan modifikasi peralatan yang hemat biaya untuk membantu meningkatkan keselamatan dan keandalan. mengembangkan spesifikasi proyek dengan kolega sering kali termasuk dari disiplin ilmu teknik lainnya. mengembangkan pengujian dan evaluasi desain teoritis, mendiskusikan dan menyelesaikan masalah kompleks dengan departemen manufaktur, subkontraktor, pemasok dan pelanggan. memastikan produk dapat dibuat andal dan akan tampil secara konsisten di lingkungan operasi yang ditentukan. mengelola proyek menggunakan prinsip dan teknik rekayasa. merencanakan dan merancang proses produksi baru. memproduksi detail spesifikasi dan desain garis besar. merekomendasikan modifikasi berikut hasil tes prototipe. menggunakan keterampilan riset dan analitik, konseptual, dan perencanaan, khususnya pemodelan matematika dan desain berbantuan komputer. mempertimbangkan implikasi masalah seperti keamanan biaya dan kendala waktu. bekerja dengan profesional lain di luar sektor teknik. pemantauan dan commissioning pabrik dan sistem.

gaji mechanical engineer di indonesia
gaji mechanical engineer

berapa penghasilan insinyur teknik mesin? menurut pengalaman pribadi saya, penghasilan mulai dari 2juta er bulan sampai 40juta per bulan….. harap dicatat, bahwa angka ini hanya untuk tujuan panduan. gaji seorang individu tergantung pada pendidikan, pengalaman bertahun-tahun, permintaan keterampilan pekerjaan di negara yang dihormati di antara banyak faktor lainnya.

lingkungan kerja

insinyur teknik mesin umumnya bekerja di kantor mereka kadang-kadang dapat mengunjungi lokasi kerja di mana masalah atau peralatan yang dibutuhkan atau perhatian pribadi. mereka kebanyakan bekerja di bidang jasa teknik, penelitian dan pengembangan, dan manufaktur. insinyur mesin biasanya bekerja sekitar empat puluh hingga empat puluh lima jam per minggu. meskipun di beberapa industri swasta atau selama fase proyek tertentu pekerjaan mingguan bisa memakan waktu hingga 70 jam atau lebih.

insinyur teknik mesin terlihat sebagian besar di setiap bagian dunia saat ini dengan alasan bahwa pekerjaan mereka bisa cocok untuk hampir semua jenis bisnis. Karena itu, jika Anda seorang insinyur yang terampil, pekerjaan Anda kemungkinan besar tidak akan menjadi masalah bagi Anda. tetapi untuk benar-benar memiliki pekerjaan terbaik Anda harus sangat dilengkapi dengan pengetahuan tentang semua hal yang dicakup dalam studi teknik mesin. untuk menjadi lebih berpengetahuan Anda juga bisa mengambil kursus studi lanjutan dengan subtipe teknik lainnya.

berikut adalah beberapa pro dan kontra dari menjadi insinyur mesin
sisi positif menjadi insinyur mesin
1. cabang yang hijau. insinyur mesin selalu diminati. oleh karena itu jika Anda seorang insinyur mesin, pekerjaan tidak pernah menjadi masalah jika Anda adalah insinyur yang benar-benar terampil.
2. berbagai sub disiplin ilmu. ada berbagai macam sub disiplin ilmu yang tersedia dalam teknik mesin. Anda dapat mengkhususkan diri dalam teknik mobil, teknik dirgantara, teknik kelautan, teknik mekatronik dan banyak lagi. dengan begitu banyak peluang karir Anda kemungkinan besar akan menemukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
3. potensi gaji yang sangat baik. Anda dibayar banyak jika Anda berpengalaman dan memiliki keterampilan teknis dan manajemen yang baik. sekali Anda ditempatkan di perusahaan yang baik Anda tidak perlu khawatir tentang masa depan Anda.
4. tempat kerja yang menarik. menjadi insinyur mesin dapat membawa Anda ke beberapa tempat menarik seperti rig minyak, gurun, laut dalam, industri mobil dan industri listrik. jika Anda berspesialisasi dalam mendesain, Anda dapat bekerja di lingkungan kantor.
5. peluang global. tidak ada negara di dunia yang tidak membutuhkan insinyur mesin dan ada sejumlah kursus teknik mesin yang dapat membuktikan hal itu.
6. inovasi untuk masa depan. insinyur mesin berada di garis depan teknologi masa depan. insinyur mekanik sedang mengembangkan teknologi baru untuk sejumlah industri termasuk transportasi, konstruksi, robotika dan banyak lagi. Anda dapat menemukan, menemukan, berinovasi desain dan membuat produk luar biasa, jika Anda seorang insinyur mekanik yang baik.
7. profesi yang dihormati. teknik mesin adalah profesi yang dihormati. insinyur mesin dianggap sebagai bagian penting dari komunitas dan tanpa mereka, kemajuan komunitas global dan pengembangan dunia modern tidak mungkin.

pekerjaan mechanical engineer
mechanical engineer bekerja keras

sekarang kita akan beralih ke kontra
1. suasana kompetitif. Meskipun insinyur mesin memang menerima peluang kemajuan yang menguntungkan, umumnya ini tidak mudah. sulit bagi lulusan baru untuk ditempatkan di perusahaan yang baik kecuali ada beberapa perguruan tinggi yang sangat bagus atau memiliki keterampilan yang hebat, dengan pengecualian dari Insinyur Mekanik wiraswasta yang bisa sulit tanpa pengalaman sebelumnya. pekerjaan dengan bayaran terbaik di lapangan seringkali berasal dari perusahaan besar atau multinasional, yang lingkungan kerjanya menjadi semakin kompetitif karena kondisi ekonomi terkini. lulusan baru mulai serendah asisten atau associate engineer, dan menjalani pelatihan dan evaluasi menyeluruh selama satu atau dua tahun, setelah itu beberapa dipromosikan. promosi sangat berbasis kinerja sebagai seorang insinyur akan terbentur ke tingkat yang lebih tinggi, persaingan menjadi lebih serius. juga sangat terkenal bahwa perusahaan yang baik tidak suka merekrut insinyur mekanik baru. mereka menyukai yang berpengalaman.

2. persyaratan pendidikan. persyaratan minimum untuk memasuki bidang ini adalah gelar sarjana dalam bidang teknik mesin atau mata pelajaran yang terkait erat. studi sarjana harus mencakup matematika, fisika, kimia, mekanika padat dan fluida, termodinamika, ilmu material, kontrol proses dan desain peralatan. ini akan membantu lulusan baru mendapatkan pekerjaan tetapi mungkin tidak cukup untuk menjamin karier. perusahaan mendorong insinyur mereka untuk mengambil Studi Pascasarjana, sering menawarkan subsidi biaya kuliah dan peluang promosi sebagai insentif. ini dilakukan di atas dan di atas kursus singkat, seminar, konferensi, dan kelas pengembangan yang diperlukan agar insinyur tetap mutakhir.

3. tekanan ekstrim. dengan sangat penting datanglah tekanan pekerjaan yang signifikan. Jadi, proyek-proyek yang Anda tuju sebagai insinyur mesin kadang-kadang besar dan cakupan serta anggarannya. kegagalan signifikan dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan Anda atau kenaikan gaji dan premi asuransi perusahaan. masalah dengan pekerjaan Anda dapat merusak reputasi atasan Anda atau Anda sendiri. ada banyak biaya dan risiko yang terkait dengan pekerjaan itu, maka ada banyak tekanan karena tanggung jawab bisa menjadi tinggi karena kesalahan.

4. beban kerja dan jam. Kelemahan lain dan wajah insinyur mesin adalah ketidakpastian dari beban kerjanya. pekerjaan Anda dapat bervariasi dari minggu ke minggu. misalnya di pabrik, seorang insinyur mekanik melakukan pemeliharaan rutin dan kontrol proses bekerja dalam satu minggu, sementara minggu berikutnya melihatnya bekerja di proyek lain. orang yang lebih dinamis mungkin menganggap ini menarik. tetapi bagi seseorang yang lebih menyukai beban kerja rutin, mungkin merasa sulit untuk mengatasinya. juga itu tidak akan menjadi dasi di hari kerja kerja keluar masuk di kantor yang dilengkapi dengan baik, kecuali Anda berada di bidang desain. insinyur mekanik biasanya bekerja sekitar empat puluh hingga empat puluh lima jam per minggu meskipun di beberapa industri swasta atau selama fase proyek tertentu pekerjaan mingguan bisa memakan waktu hingga 70 jam atau lebih.

5. pekerjaan lapangan bisa sangat sulit. jika Anda tidak memiliki bakat untuk itu maka Anda mungkin tidak dapat melewati tahap studi. Anda dapat dengan mudah bosan jika tidak tertarik pada bidang ini. juga jumlah hal yang Anda pelajari di Universitas diabaikan untuk apa yang Anda lakukan di industri. dalam industri Anda mungkin akan memecahkan masalah yang belum pernah ditemui sebelumnya. baik, jika Anda berencana untuk menjadi insinyur mesin, pertimbangkan untuk berbicara dengan beberapa insinyur mesin nyata di dunia kerja yang memiliki pengalaman kerja yang baik dan pertimbangkan membaca artikel blog teknik untuk mendapatkan ide tentang kehidupan teknik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *