senengnya terima slip gaji setelah lelah bekerja

slip gaji jaman dulu

You know-lah… yang namanya kuli, buruh, karyawan ataupun employee paling seneng kalo jumpa tanggal muda, apalagi ditemani istri (yang masih) muda.. segala lelah, penat dan capek hilang dalam sekejap..sudah jadi rutinitas di akhir bulan, kami menunggu kedatangan office boy membagikan amplop. Biasanya , amplop slip gaji ditaruh di atas meja. Amplop putih-biru yang bagian depannya berisi nama dan jabatan. Ketika amplop di sobek, dibuka dan dilihat sisi dalam amplop maka akan kelihatan isinya tentang jumlah gaji bulanan. itulah yang kami kenal dengan nama slip gaji. Kadang teman-teman iseng…nggak mau buka amplop. Cukup pakai senter untuk menyorot amplop dari sisi luar dan kelihatan bayang-bayang angkanya. Pernah juga, ada kawan yang iseng… ini isengnya kelewatan. slip gaji atasan (boss) nya di sorot pakai senter. nampaklah angka itu.

sebenarnya agak aneh. Entah kenapa, slip gaji itu selalu bikin rasa deg-degan. lha wong jumlahnya ya cuma segitu-segitu saja. ndak berubah banyak. Ya paling naik atau turun sekitar 5% karena ada penyesuaian pajak penghasilan dll. Toh juga uangnya akan di transfer ke rekening. khan jamannya sudah cashless. Bahkan ada notifikasi berupa sms dari 3355.

berikut ini beberapa moment ketika menyobek amplop slip gaji menjadi lebih jreng..deg2an, yaitu:

  1. saat banyak kerja lembur atau overtime
  2. saat bulan romadhon karena ada THR
  3. saat akhir tahun karena ada pembagian bonus
  4. saat tunjangan cuti cair. apalagi tunjangan cuti besar
slip gaji online
slip gaji online

slip gaji jaman now

kalau jaman dulu, jaman old, slip gaji nya berupa amplop. maka di  jaman now, slip gajinya sudah paperless, Bro.. gak ada lagi office boy membagi amplop slip gaji. Sekarang slip gajinya muncul di intranet. Jaringan internet internal sebuah perusahaan. Cukup buka internet explorer dan cari link slip gaji. kemudian di “click”. Nampak jelas angkanya. Meski sudah paperless, ya tetap deg-degan. Mendekati akhir bulan, banyak employee alias karyawan yang rajin kerja di depan komputer…nungguin update slip gaji hehe.. alhasil, network nya jadi lambat.

slip gaji yang paperless ini mempunyai banyak kelebihan, yaitu:

  • ramah lingkungan
  • data slip gaji bulan dan tahun-tahun sebelumnya masih tersimpan rapi
  • mudah mengecek perubahan / kenaikan gaji
  • mudah untuk mencetak slip gaji untuk keperluan kredit rumah atau kredit produktif lainnya.

namun, ternyata ada juga karyawan yang males lihat slip gaji. karyawan jenis ini sedih lihat slip gaji karena gajinya terlalu banyak potongan. kena potongan pajak, potongan kasbon, cicilan koperasi dll. Kalau kamu termasuk karyawan yang gajinya banyak di potong-potong, maka kamu perlu kerja lebih smart supaya dapat promosi dan mendapatkan kenaikan gaji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *