berbagai cara untuk jadi pegawai di perusahaan Minyak dan Gas – MIGAS

“jika kamu terlahir tidak secerdas orang lain, IPK tidak cumlaude, bukan lulusan universitas favorit, tidak punya koneksi….maka jadilah pekerja yang tangguh dan ulet”

Gaji pegawai perusahaan MIGAS

informasi tentang besarnya gaji pegawai perusahaan MIGAS menjadi daya tarik yang sangat kuat. Banyak sarjana dan para Master (lulusan S2) berbondong-bondong untuk apply ke perusahaan MIGAS. Semakin banyak yang melamar kerja, maka tingkat persaingan nya akan semakin tinggi. Kompetisinya makin berat. saya pernah beberapa kali gagal dalam proses seleksi..bahkan pernah mengalami kegagalan ketika seleksi berkas. Pernah juga gagal saat proses interview tingkat pertama.. Nasib dech.

sebenarnya ada 2 jalur atau kategori dalam penerimaan karyawan atau pegawai perusahaan MIGAS yang saya ketahui. Jalur pertama adalah Jalur fresh graduate. kemudian jalur kedua adalah jalur experience hire. Kita bahas satu-satu yuks.

wisuda anak teknik

Jalur fresh graduate

perusahaan MIGAS kadangkala membuka kesempatan secara serentak kepada para sarjana / Master yang masih minim pengalaman kerja. Misalnya baru lulus kuliah atau baru punya pengalaman kerja < 3 tahun. Targetnya adalah mencari bibit unggul. Karyawan jenis ini biasanya melalui seleksi administrasi / berkas yang cukup ketat. Namanya juga cari bibit unggul. Siapakah para bibit unggul tersebut? Berikut ini perkiraan saya…

  1. lulusan dari universitas/institut negri atau swasta favorit. Anggap saja kampus ranking 1 sampai 30 paling hebat di Indonesia.
  2. punya IPK tinggi. misalnya IPK S-1 cumlaude yaitu di atas > 3,5. Makin besar IPK, maka peluang untuk dipanggil ikut seleksi, makin besar
  3. punya prestasi non-akademis. Misalnya pernah bergabung dalam team cerdas cermat atau kreativitas ataupun aktif dalam organisasi yang positif. Dari sini, akan kelihatan bahwa calon karyawan tersebut punya kemampuan di atas rata-rata misalnya punya skill komunikasi ataupun skill negosiasi atau skill leadership yang bagus. 3 skill ini akan jadi penopang utama karir kedepan.
  4. Punya sertifikat training yang mendukung.

Para bibit unggul ini, setelah diterima kerja, akan mendapatkan training yang komprehensif dan penugasan di berbagai jenis pekerjaan. Ibaratnya prajurit, maka ini adalah lulusan AKABRI. Pokok-e joss gandoss. Yang namanya bibit unggul, maka dipoles dikit saja, hasilnya sudah mengkilat. sudah bisa jadi rising star.

 

jalur experience hire

ini jalur untuk karyawan profesional yang sudah kerja diatas 4 tahun. jalur ini untuk mencari karyawan yang “siap pakai”. begitu diterima sebagai karyawan, tidak perlu banyak training tapi langsung bisa kerja dengan produktif. Bagaimana kriteria calon karyawan yang punya peluang tinggi?

  1. Pengalaman kerja nya sesuai dengan posisi yang akan di apply. misalnya orang yang pengalaman kerja di kontraktor / sub kontraktor EPC selama > 4 tahun, bisa apply untuk posisi di Project Management / project team. Contoh lain, orang yang sudah pengalaman kerja di Inspection company selama > 4tahun maka layak untuk apply di posisi Asset Integrity atau reliability. Kecocokan / kesesuaian ini menjadi syarat utama.
  2. punya IPK > 2,75 dari universitas / institut yang cukup dikenal di negara kita.
  3. mempunyai sertifikat  yang sesusai dengan skill pengalaman kerjanya. Makin banyak jumlah sertifikat, maka peluangnya makin bagus. Misalnya sertifikat sebagai Welding inspector, sertifikat API 570/510/653, sertifkat UT/MT/PT level 2, sertifikat Welding engineer, sertifikat TOEFL, sertifikat profesi dari BNSP dll.
  4. sudah mengikuti training-training yang sesuai dengan kebutuhan. misalnya training mengenai HES, training QA/QC, training Manajemen Mutu, training leadership, training Risk assessment dll.

Nah buat kamu yang merasa bukan bibit unggul, IPK pas-pasan, bukan lulusan Universitas favorit…. jangan berkecil hati. Siapkan dirimu untuk menambah pengalaman, menambah sertifikasi dan kompetensi.

berikut ini contoh lowongan kerja untuk experience hire sebagai Engineer:

  • Minimum experience 4 years or more of relevant experiences especially in oil and gas, or Process Engineering with 5 years of experience will be an advantage
  • Minimum Bachelor’s Degree with GPA: 2.75 in Mechanical, E& I, Civil
  • Understand Asset Integrity Management process, Pipeline Integrity Management, API Certification (510/570/580) is an advantage
  • Understand NDE method and other Inspection method
  • Understand Pipeline Design, construction and repair methods and procedure
  • Good knowledge of Project Management
  • Experience coordinate planning and scheduling
  • Experienced with incident and injury free concepts, evaluating contractor safety plans, managing contractor / sub contractor safety performance
  • Excellent in communication skills (both verbally and written) and interpersonal skill
  • Excellence in establish effective relationships with multicultural people in diverse organization
  • Fluent in English (verbal and written communication) and fluency in Microsoft Office (Ms Word, Ms. Excel & PowerPoint) as well as computer literacy

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *