engineering adalah rekayasa

apakah pengertian engineering ?

kata engineering atau engineer sudah sangat sering kita dengar di bangku kuliah ataupun di dunia kerja. Hampir setiap universitas di Indonesia memiliki jurusan engineering, yang menjadi favorit adalah mechanical engineering (teknik mesin), electrical engineering (teknik elektro), civil engineering (teknik sipil) dan process engineering (teknik kimia). 4 jurusan tersebut sering di anggap sebagai the four major engineering branches. Pun di dunia kerja, kita juga sering mendengar engineering department atau bagian engineering. apalagi kalau kita masuk ke dalam dunia EPC – Engineering Procurement Construction, maka kita akan banyak menjumpai jabatan engineer. misalnya Piping engineer, pipeline engineer, process engineer, project engineer, electrical engineer, rotating engineer, cost engineer, IT engineer dan masih banyak jabatan engineer lainnya. nah apa arti kata engineer? secara ringkas engineering adalah rekayasa.

Rekayasa atau perancangan

Di dunia EPC kita sering mendengar perusahaan Rekind atau Rekayasa Industri. Rekayasa disini maksudnya adalah perancangan atau melakukan pekerjaan desain. bukan melakukan rekayasa atau pemalsuan dokumen atau rekayasa kasus di dunia hukum. jadi para engineer adalah perekayasa. orang yang tugasnya melakukan rekayasa, merancang atau desain. misalnya merancang mobil, merancang gedung, merancang pabrik. tujuan akhir dari rekayasa adalah mendapatkan hasil yang terbaik (optimal) bukan yang sempurna (maksimal). Sebagai contoh, pada suatu project untuk membangun plant Gathering system dengan kapasitas 50,000 barrels per day maka tim tim engineering akan merekayasa equipment apa saja yang diperlukan. tim engineering juga akan merancang / merekayasa rute pipa di dalam plant supaya hasilnya optimal. bahkan material pipa pun dibuat beberapa jenis. misalnya untuk pipa yang digunakan mengalirkan steam bertekanan 600 psi dan temperatur 200 C akan menggunakan material Chrom-Mo Alloy. Sedangkan pipa untuk mengalirkan air, akan dipilih dengan bahan low strength carbon steel ataupun pipa PVC / HDPE. Pipa air yang digunakan untuk hydrant / pemadam kebakaran, tidak bisa dipilih dengan bahan PVC. Karena ketika terjadi kebakaran, material PVC akan mudah leleh / rusak sehingga dikuatirkan aliran air hydrant menjadi terganggu.

engineering adalah rekayasa
manajemen proyek

Pertimbangan engineering

Dalam melakukan rekayasa, para engineer akan mempertimbangkan beberapa aspek, yaitu aspek safety, aspek ekonomis, aspek lingkungan, aspek kesehatan dll. dengan pertimbangan yang matang, pabrik akan dibuat dengan modal tertentu sehingga menarik secara bisnis / investasi namun tetap mengikuti kaidah-kaidah kesehatan dan keselamatan kerja / lingkungan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *