Wong urip Ojo Kagetan, Ojo gumunan.

Adegan di dunia politik, dunia ekonomi bakhan dunia pendidikan tinggi (gerakan mahasiswa) seringkali terlihat aneh. Di dunia kerjapun juga sering terjadi perubahan posisi / pejabat kantor yang terjadi tiba-tiba. Bagi orang yang sudah banyak makan garam, maka perubahan-perubahan mendadak tersebut dianggap hal yang biasa. Namun bagi kalangan awam atau masyarakat umum, mereka sering kaget, terkejut dan heran. Kaget dan gumun. Bagaimana sikap kita ketika menghadapi kejadian-kejadian tersebut? Mari kita simak nasihat orangtua tentang sebuah ajaran kearifan..ojo kagetan, ojo gumunan.

Ojo kagetan.

Ojo kagetan, artinya apa? jangan mudah terkejut. Segala hal dan kejadian di dunia telah tercatat dalam skenario besar Tuhan Yang Maha Pencipta ( bagi kaum yang beriman, percaya ada nya takdir dan hikmah dibalik takdir). Tidak mudah terkejut dapat dimaknai bahwa ilmu kita, wawasan kita belum bisa melihat segala sisi dan segala kemungkinan yang terjadi. Misalnya ada anak baru lulus kuliah, tiba-tiba bisa diterima kerja di perusahaan minyak dan gas dengan gaji belasan juta rupiah sebulan. Saya pernah bertemu dengan orang yang gajinya ratusan juta perbulan. wow….saya juga pernah jumpa dengan orang yang sangat sederhana…namun ternyata ia pengusaha dengan penghasilan puluhan milyar setahun. awalnya saya kaget..kok bisa ya? setelah saya pelajari dan diskusi dengan berbagai pihak, ternyata memang hal-hal tersebut bisa terjadi. bukan hal aneh.

Ojo gumunan.

Ojo gumunan artinya jangan mudah takjub. Ini adalah sebuah ajaran untuk menyikapi peristiwa hidup dengan bijak, arif, jauh dari prasangka, mengambil sikap yang wajar sesuai dengan proporsinya, dan tidak berlebihan. Dalam dunia yang semakin rumit, banyak tipu daya yang bisa merugikan kita manusia. Sikap ojo gumunan mengingatkan kita untuk eling dan waspada. Banyak hal yang terlihat baik, terlihat manis, namun ternyata acapkali menjerumuskan manusia ke situasi yang bisa menghancurkan martabat. Jangan larut pada hal-hal yang terlihat indah, tetaplah mempertimbangkan kebenaran dan akal sehat. sebagaimana nasihat kawan, jadilah orang baik. jika kau tidak bisa jadi orang baik, jadilah orang yang selamat.

Dunia kita adalah alam yang dinamis. Apapun bisa saja terjadi. Semesta ini adalah semesta yang senantiasa berputar. Serti halnya roda kehidupan. Sesuatu yang kemarin berada di bawah, hari ini mungkin berada di atas. Dan sebaliknya apa yang kemarin di atas bisa saja besok atau lusa terhampar di bawah. Hari ini boleh jadi terlihat hebat dan berkuasa, besok mungkin saja ia terhinakan oleh karena tindak perbuatannya. Jangan terlalu banyak tertawa ketika senang, jangan gampang mengutuk di kala susah. jangan pula meremehkan orang lain.

apa arti ojo kagetan ojo gumunan

Pada sisi lain. Hakikatnya tiada kemustahilan selama manusia berusaha dengan serius disertai doa dan hati tawakkal. Kita tak boleh menyerah pada keterbatasan. Sesuatu terkadang terlihat sulit, hanya karena kita belum mencobanya. Sesuatu terkadang terlihat menarik, padahal banyak tipu daya di belakangnya. Mari kita jalani hidup secara lebih arif, jangan mudah terkejut dan jangan mudah takjub. ojo kagetan, ojo gumunan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *