Kuliah kelas karyawan

Karyawan kuliah lagi

Ada pepatah mengatakan bahwa menuntut ilmu dari ayunan sampai liang lahat. Sebagian lagi menyebutkan tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Fakta menjelaskan bahwa ilmu adalah faktor utama untuk mencapai kesuksesan. Dengan ilmu, seseorang yang miskin bisa bekerja sehingga mengubah hidupnya menjadi kaya / tercukupi. Para orangtua, juga sering berpesan kepada anaknya…”nak, Bapak-ibu tidak bisa memberikan modal uang untuk usaha, namun kami memberikan kamu bekal ilmu , menyekolahkan kamu dari TK, SD, SMP, SMA, Kuliah supaya kamu bisa kerja atau membuka usaha sendiri. Kalau modal berupa uang, bisa habis. Namun kalau modal ilmu, tak bisa habis.”  Ilmu juga mengubah orang yang bodoh menjadi pandai. Mengubah orang malas, menjadi rajin. Bahkan ada nasihat dari ulama “Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan” – Imam Syafii.

Sekolah Bisnis dan Manajemen SBM ITB
ITB

Kenapa sih karyawan koq repot-repot menuntut ilmu ? apa manfaatnya? artikel ini akan memberikan beberapa alasan dan bagaimana para karyawan menuntut ilmu di jenjang kuliah yang lebih tinggi.

Alasan kuliah kelas karyawan

Karyawan adalah aset perusahaan yang perlu dijaga dan ditumbuhkembangkan. Karyawan yang handal adalah kunci kesuksesan bagi perusahaan. Untuk itu perlu strategi pelatihan, sertifikasi dan pengembangan kuliah lebih tinggi. Beberapa perusahaan memberikan bantuan beasiswa kepada karyawan untuk ambil kuliah S1, S2 bahkan S3. Hal ini memberikan keuntungan kepada dua belah pihak. Perusahaan beruntung punya karyawan yang cerdas, karyawan juga beruntung karena dengan peningkatan jenjang pendidikan akan membuka kesempatan karir dan pendapatan yang lebih besar.

Bagaimana cara karyawan kuliah lagi? bukankah karyawan harus bekerja dari hari senin sampai jumat? berikut ini ada beberapa pilihan.

1. Kuliah kelas karyawan sabtu-minggu

ada beberapa universitas yang membuka kesempatan khusus bagi karyawan, yaitu mereka menyediakan program kuliah di hari jumat malam, sabtu dan minggu. dengan cara ini, maka karyawan tetap bisa bekerja dan tetap belajar sesuai dengan kurikulum dari universitas dengan tetap mengikuti peraturan dari Dikti. Kuliah sabtu – minggu ini biasaya dibuka untuk program S1 dan S2.

2. Kuliah kelas karyawan jarak jauh

sebagian universitas membuat program khusus yaitu program kerjasama dengan perusahaan tertentu. Kuliah ini tetap mengikuti aturan dari Dikti. Jam kuliah , jumlah SKS juga sesuai dengan kuliah yang diajarkan di kampus. Hanya saja jadwal kuliahnya menyesuaikan dengan kondisi masing-masing perusahaan. Program ini memerlukan persiapan yang cukup matang karena membutuhkan kesepakatan dari kedua belah pihak supaya program bisa selesai tepat waktu.

kuliah kelas karyawan

3. Kuliah kelas karyawan – online

beberapa universitas bahkan sudah mulai mempelajari kemungkinan kelas online. Tentu tidak 100% kuliah online. mungkin hanya sebagian saja kuliah online dengan bantuan video conference, dan sebagian lainnya kuliah tatap muka di kampus. Universitas di luar negeri juga sudah mulai membidik karyawan di Indonesia dengan cara membuat program kuliah kelas karyawan double degree. Kuliah tatap muka di kampus di Indonesia dan sebagian lagi kuliah online dengan kampus di luar negri.

 

Jurusan kuliah kelas karyawan

berdasarkan pengalaman yang saya ketahui, kuliah kelas karyawan ini banyak diminati untuk beberpa jurusan yaitu:

  1. kuliah kelas karyawan S1 untuk Jurusan Ekonomi
  2. kuliah kelas karyawan S1 untuk Jurusan Teknik
  3. kuliah kelas karyawan S2 untuk Jurusan Managemen
  4. kuliah kelas karyawan S2 untuk Jurusan Teknik
  5. kuliah kelas karyawan S3 untuk juruan Managemen

Nah kalau kamu tertarik untuk kuliah lagi, jangan ragu-ragu. Coba cari informasi lebh detail ke beberapa universitas yang menyediakan program kuliah kelas karyawan.

 

Berikut ini contoh informasi kuliah kelas karyawan di Universitas Mercu Buana (UMB) di https://kk.mercubuana.ac.id/  tanggal 27 Oktober 2019.

Program Kelas Karyawan atau Program Kuliah Karyawan S1, S2, dan S3 Universitas Mercu Buana Jakarta bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mempunyai waktu luang mengikuti pendidikan di hari kerja.

Program Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana menyelenggarakan pendidikan untuk Jenjang Pendidikan Sarjana (S1),  Pascasarjana (S2), dan DOKTOR (S3).

Program Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana memberikan beberapa kelebihan, yaitu:
–    Waktu kuliah: Senin – Jumat sore atau Sabtu dan E-Learning.
–    Biaya studi sangat terjangkau dan dapat diangsur sesuai kemampuan mahasiswa.
–    Kampus dapat dipilih yaitu Kampus Meruya, Kampus Menteng, Kampus Bekasi, atau Kampus Warung Buncit.
–    Disediakan Bus Kampus antar jemput untuk daerah Bekasi, Depok dan Tangerang.
–    Mahasiswa yang dari luar kota disediakan Penginapan (Mess)

Kualitas dan proses pendidikan pada Program Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana sama dirancang sama dengan Kualitas dan proses pendidikan pada hari biasa. Setiap perkuliahaan diatur secara terstruktur dan terjadwal dengan pemilihan tenaga pengajar terbaik dan berpengalaman di bidangnya. Proses belajar didukung oleh fasilitas terbaik seperti Ruang Kuliah ber-AC, Laboratorium, Studio, Perpustakaan, Sarana Olahraga dan lain-lain.

PILIHAN KAMPUS:

Pada Program Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana, mahasiswa dapat memilih Kampus, yaitu:

– Kampus Meruya : Jl. Meruya Selatan, Kebun Jeruk – Jakarta Barat
– Kampus Menteng : Gedung Tedja Buana, Jl. Menteng Raya No.29 – Jakarta Pusat
– Kampus Bekasi: Jl Raya Keranggan No 6 Jatisampurna Bekasi
Kampus Warung Buncit : JL Raya Warung Buncit No 98, Jakarta Selatan
– Kampus Yogya: http://kk.mercubuana-yogya.ac.id/

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *