Perusahaan dengan gaji tertinggi untuk lulusan Fakultas Teknik

Gaji Engineer

saya seringkali mendengar mahasiswa teknik / engineering bertanya tentang gaji setelah lulus kuliah. Berapa gaji yang layak bagi lulusan teknik? perusahaan apa yang menawarkan gaji tertinggi untuk lulusan teknik? berikut ini ulasan tentang perusahaan yang menawarkan gaji tertinggi. Data ini berdasarkan pengalaman kerja saya.. bisa saja tidak akurat.

1. Perusahaan Minyak dan Gas / Oil and Gas Company

Perusahaan minyak dan gas mempunyai standar gaji paling tinggi. Terutama untuk fresh graduate. Apabila anda punya bekal ijazah dari Universitas favorit dan IPK yang bagus, maka anda punya peluang untuk diterima di perusahaan MIGAS. Meski anda belum punya pengalaman kerja yang cukup, anda tetap punya peluang dapat gaji tinggi. Karena standar gaji nya memang sudah tinggi. Startnya sudah tinggi. Selain gaji bulanan, perusahaan MIGAS juga menawarkan bonus, tunjangan cuti, pengembangan karir yang bagus.

2. Perusahaan EPC ( Engineering Procurement and Construction )

Perusahaan EPC menawarkan gaji yang cukup bagus. Namun, gaji fresh graduate di EPC masih lebih rendah dibanding gaji di perusahaan MIGAS. Rata-rata lulusan teknik,  akan direkrut dalam tim proyek. Bisa jadi anda akan jadi Project engineer, piping engineer, pipeline engineer, Rotating engineer, process engineer dll. Ilmu yang anda dapatkan di bangku kuliah, akan menjadi bekal yang sangat berguna. Kerja sebagai karyawan EPC membuat anda menjadi ahli dalam bidang teknik, mengasah jiwa leadership serta mempunyai daya juang yang tinggi. Keuntungan lainnya, anda akan sering jalan-jalan ke proyek maupun ke subkontraktor / supplier di dalam dan di luar negri.

3. Perusahaan Petrochemical

Petrochemical adalah perusahaan yang mengolah hasil migas menjadi bahan baku atau bahan jadi Misalnya pabrik Amonia, pabrik methanol, pabrik pupuk dll. Bagi fresh graduate yang kerja di perusahaan Petrochemical, anda akan mendapatkan gaji sedikit lebih kecil dibanding perusahaan MIGAS. Lokasi perusahaan Petrochemical ada di kompleks industri di Cilegon, Gresik, Bontang dll. Selain gaji yang tinggi, anda akan mendapatkan bonus produksi, tunjangan kesehatan yang cukup memadai.

4. Perusahaan Manufaktur / fabricator

Perusahaan manufaktur/fabricator yang membuat equipment untuk perusahaan MIGAS dan Petrochemical, biasanya juga menawarkan gaji yang bagus. Selain Gaji, anda akan mendapatkan training-training di bidang teknik untuk menunjang proses fabrikasi. Fabricator ada yang berlokasi di Batam, Jakarta, Cilegon, Surabaya dll. Bidang ilmu yang perlu ditekuni adalah pengelasan, desain, dan QA/QC.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *