Mengenal teknologi inspeksi LRUT / Guided wave

LRUT atau Guided wave?

LRUT singkatan dari Long Range Ultrasonic Testing. Teknologi inspeksi LRUT / Guided wave banyak digunakan oleh perusahaan inspeksi yang bekerja pada perusahaan minyak dan gas. Pada dasarnya, LRUT kadang disebut Guided wave adalah gelombang tegangan mekanik yang merambat di dalam batas struktural pipa atau pelat dengan panjang gelombang yang sebanding dengan dimensi ketebalan pipa atau pelat.

alat LRUT dengan nama Teletest FOCUS
alat LRUT dengan nama Teletest FOCUS

LRUT / Guided wave digunakan oleh perusahaan inspeksi dalam pengujian cepat atau alat screening untuk mendeteksi, menemukan dan mengklasifikasikan cacat korosi. Sebagian besar pipa / perpipaan dapat dengan cepat disaring dengan cakupan 100% untuk menentukan lokasi kerusakan logam secara tepat.
Setelah dilakukan screening, pemeriksaan yang lebih detail selanjutnya dapat difokuskan pada lokasi-lokasi yang kritis, sehingga menghemat uang dan waktu. Inspeksi lokal ini dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan Pemindaian gelombang terpandu atau dengan metode pengujian non-destruktif pelengkap lainnya seperti detektor cacat UT. Pendekatan penyaringan dan pemindaian ini menyediakan cara yang hemat biaya untuk memastikan bahwa pengukuran yang representatif dilakukan di sepanjang pipa yang cukup panjang.

LRUT / Guided wave untuk survei  dikembangkan pada tahun 1990-an melalui kolaborasi teknologi Inggris dari Imperial College dan the Research Institute TWI yang mencapai puncaknya dengan peluncuran produk pengujian Guided wave pertama Teletest® pada tahun 1998. Perkembangan dan peningkatan LRUT telah pesat selama 20 tahun pertama sejak produk pertama tersedia secara komersial. Peralatan tersebut sekarang dapat menghasilkan dan memanfaatkan sepenuhnya salah satu dari tiga jenis Guided wave (longitudinal, torsional and flexural). Ada juga perkembangan signifikan dalam memanfaatkan teknologi array bertahap yang memungkinkan untuk memfokuskan ultrasound dan menganalisis respons melingkar dari potensi kerusakan. Selain itu, batas inspeksi telah ditingkatkan sehingga collar, modul, dan transduser mampu memeriksa ukuran pipa hingga 78 ”dan meningkatkan kemampuan sampai suhu 240 ° C.

Pekerjaan LRUT / guided wave biasanya terdiri dari 3-5 orang antara lain pekerja LRUT Level 2, LRUT Level 1, UT Man, helper dan driver. LRUT level 2 mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan alat LRUT / Guided wave serta meninjau dan menyimpulkan hasil sinyal LRUT ( interpretation ). Biasanya temuan (screening) dari alat LRUT tersebut, akan dilakukan pengecekan lebih detail menggunakan alat UT oleh seorang UT Man yang mempunyai sertifikasi / kualifikasi UT level 2. Hasil dari alat UT tersebut berupa ketebalan pipa ( remaining thickness of pipe ) yang akan digunakan oleh inspector atau engineer untuk menghitung sisa kekuatan pipa atau pipeline ( remaining pipe strength ).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *