Pengertian pengelasan SMAW

Pengertian Pengelasan

masyarakat mengenal proses pengelasan dalam kehidupan sehari-hari pada pembuatan pagar, garasi mobil, pembuatan kanopi serta aktivitas lainnya. Pada aktivitas tersebut, proses pengelasan yang digunakan paling sederhana dan paling sering digunakan adalah proses las SMAW. las SMAW ini termasuk jenis las busur listrik atau las listrik dimana proses penyambungan logam dengan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber panas. Ujung elektroda mencair dan bercampur dengan bahan yang di las.

Lingkup penggunaan teknik pengelasan dalam dunia industri sangat luas. Proses ini digunakan pada konstruksi perkapalan, jembatan, rangka baja, bejana tekan, pipa, tanki dan lain-lain. Disamping untuk pembuatan, pengelasan juga dapat dipergunakan untuk proses perbaikan misalnya untuk mengisi lubang-lubang pada coran, membuat lapisan las pada perkakas, mempertebal bagian-bagian yang sudah aus.

Prosedur pengelasan kelihatannya sangat sederhana, tetapi sebenarnya di dalamnya banyak masalah-masalah yang harus diatasi dimana pemecahannya memerlukan bermacam-macam pengetahuan. Karena itu di dalam pengelasan, kita harus memiliki pengetahuan teoritis, praktik pengelasan serta pengecekan kualitas hasil pengelasan. Di dunia industri profesional, orang yang bertanggung jawab dalam pengelasan adalah welding engineer dan welding inspector.

Deutsche Industrie Normen (DIN), mendefinisikan bahwa “Las adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilakukan dalam keadaan lumer atau cair.” Sedangkan Maman Suratman (2001:1) mengemukakan bahwa mengelas, yaitu “Salah satu cara menyambung dua bagian logam secara permanen dengan menggunakan tenaga panas”. Sedangkan Sriwidartho mengatakan, “Las adalah suatu cara untuk menyambung benda padat dengan cara mencairkannya melalui pemanasan.”

Pengertian Las SMAW – Shield Metal Arc Welding

Pengertian Las SMAW adalah sebuah proses penyambungan logam yang menggunakan energi panas dari busur listrik (arc welding) untuk mencairkan benda kerja dan elektroda (bahan pengisi). Energi panas pada proses pengelasan SMAW dihasilkan karena adanya lompatan ion (katoda dan anoda) listrik yang terjadi pada ujung elektroda dan permukaan material.

Pada proses pengelasan SMAW, jenis pelindung yang digunakan adalah selaput flux yang terdapat pada elektroda. Flux pada elektroda SMAW berfungsi untuk melindungi logam las (shield metal) yang mencair saat proses pengelasan berlangsung. Fluks ini akan menjadi slag ketika sudah padat dan harus dibuang atau dibersihkan setelah proses pengelasan.

Jenis Mesin Las SMAW

  • Mesin Las AC
  • Mesin Las DC
  • Mesin Las AC/DC.

Pada proses las SMAW terdapat tiga tipe yaitu Mesin LAS AC, DC dan AC/DC. Semua jenis mesin las tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangan masing masing, jika Anda memerlukan dua jenis mesin las Anda dapat membeli jenis AC/DC.

referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Las

https://www.pengelasan.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *