desain pipa sesuai ASME B31.4

ASME B31

Code yang digunakan untuk tujuan desain dan konstruksi untuk sistem perpipaan bertekanan adalah  ASME B31. Code ASME B31 Pressure Piping mencakup sistem perpipaan yang memiliki tekanan operasi mulai dari vakum hingga tekanan tinggi. ASME B31 Code bukanlah buku yang memberikan informasi rinci tentang suatu pekerjaan. Namun, kode ASME B31 hanya memberikan panduan tentang persyaratan minimum untuk pemasangan pipa sesuai peruntukannya.

Code ASME B31 terdiri dari sejumlah “bagian” yang independen dan juga diterbitkan secara terpisah. Namun, semuanya tetap di bawah naungan dan arahan ASME Committee B31 Code for Pressure Piping. Ini adalah tugas dan tanggung jawab pemilik proyek atau “pemilik” untuk memutuskan bagian Kode mana yang akan digunakan pada proyek mereka. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan bagian kode mana yang akan digunakan, yaitu:

  • Batasan dari bagian Code
  • Persyaratan hukum di mana itu akan digunakan
  • Kemungkinan kode dan standar lain yang juga harus dipenuhi.

 

ASME B31.4 Sistem Transportasi Pipa untuk Hidrokarbon Cair dan Cairan lainnya

Pipa sesuai ASME B31.4 ditemukan dalam sistem pipa yang mengirimkan cairan yang umumnya dalam bentuk cair dari sebuah pabrik ke terminal, serta di dalam terminal itu sendiri. Code ini mencakup persyaratan untuk desain, material, konstruksi, perakitan, inspeksi, dan pengujian jaringan pipa yang mengangkut cairan seperti minyak mentah, kondensat, cairan gas alam, gas minyak cair, karbon dioksida, alkohol cair, amonia cair anhidrat, dan minyak bumi. Perpipaan ini terdiri dari pipa, elbow, sambungan, gasket, katup, perangkat pendukung, alat kelengkapan, dan bagian perpipaan lainnya.

Code ini juga mengatur persyaratan untuk desain, bahan, konstruksi, perakitan, inspeksi, pengujian, operasi, dan pemeliharaan pipa yang mengangkut bubur berair dari bahan tidak berbahaya seperti batu bara, bijih mineral, konsentrat, dan bahan padat lainnya, antara pabrik pengolahan bubur. atau terminal dan pabrik atau terminal penerima.

kata kunci:
– pipa, transportasi, cairan, bubur encer dari bahan tidak berbahaya
– desain, material, konstruksi, inspeksi

desain pipa ASME B31.4
ruang lingkup ASME B31.4

Keterbatasan. ASME B31.4 tidak berlaku untuk:

1. Perpipaan bantu seperti air, udara, steam, minyak pelumas, gas, dan bahan bakar

2. Bejana tekan, penukar panas, pompa, meter, dan peralatan sejenis lainnya, termasuk perpipaan internal dan sambungan untuk perpipaan kecuali sebagaimana dibatasi oleh Paragraf 423.2.4 (b) dari ASME B31.4

3. Perpipaan dirancang untuk tekanan internal:

  • Pada atau di bawah tekanan pengukur 15 psi (100 kPa) terlepas dari berapapun suhunya
  • Di atas 15 psi (100 kPa) tekanan pengukur jika suhu desain di bawah -20 ° F (-29 ° C) atau di atas 250 ° F (120 ° C)

4. Casing, tubing, atau pipa yang digunakan di sumur minyak, rakitan kepala sumur, pemisah minyak dan gas, tangki produksi minyak mentah, fasilitas produksi lainnya, dan jaringan pipa yang menghubungkan fasilitas ini

5. Penyulingan minyak bumi, bensin alam, pemrosesan gas, amonia, dan perpipaan pabrik curah, kecuali seperti yang tercakup dalam cakupan kode

6. Perpipaan transmisi dan distribusi gas

7. Desain dan fabrikasi item kepemilikan peralatan, aparatus, atau instrumen, kecuali sebagaimana dibatasi oleh kode ini

8. Sistem perpipaan pendingin amonia diatur dalam ASME B31.5, Kode Pendinginan Perpipaan

9. Sistem pengumpulan karbon dioksida dan distribusi lapangan

Jika Anda ingin mendesain pipa untuk transportasi fluida dengan desain temperatur di atas 120 ° C (misalnya menghasilkan fluida dari sumur minyak dengan temperatur 130 ° C ke stasiun pengumpulan), maka Anda dapat menggunakan ASME B31.3 sebagai pengganti ASME B31.4. Penting bagi kita untuk melibatkan Process Engineer dan / atau Subsurface Engineer saat merancang fasilitas produksi di industri minyak dan gas.

Jika Anda ingin merancang pipa untuk pengangkutan amonia cair dengan suhu rancangan -33 ° C dari pabrik amonia ke dermaga atau ke pabrik lain (misalnya pabrik Amonium Nitrat di dekat pabrik amonia) maka Anda dapat memilih ASME B31.3 daripada ASME B31.4. Disinilah kita perlu melibatkan Process Engineer dan memahami Proses dan Diagram Alir dengan baik agar kita terhindar dari kesalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *