menentukan ketebalan pipa, minimum required thickness ASME B31.8

Ketebalan dinding pipa (minimum) harus dihitung dengan mempertimbangkan kombinasi semua tekanan yang dapat menyebabkan buckling dan colaps tidak hanya pada tahap konstruksi tetapi ketika pipa sudah beroperasi. Dalam ASME B31.8, ketebalan dinding dihitung berdasarkan Desain Tegangan yang diizinkan, di mana tegangan desain dibandingkan dengan tingkat tegangan leleh yang difaktorkan dan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kelas lokasi, suhu desain dan faktor sambungan. Perhitungan ketebalan dinding di ASME B31.8 relatif mudah digunakan dibandingkan dengan DNV-OS-F101. Standar ASME B31.8 tidak seketat standar ASME B31.3, tetapi lebih ketat dari standar ASME B31.4.

Langkah-langkah verifikasi nilai ketebalan dinding pada kode desain ASME B31.8:

  • Hoop stress dan pemeriksaan tegangan longitudinal
  • Pemeriksaan stres gabungan
  • Pemeriksaan tekanan eksternal
  • Cek buckling

ASME B31.8 sering digunakan sebagai standar desain sistem perpipaan gas bumi di beberapa fasilitas, seperti stasiun kompresor, fasilitas pemrosesan gas, stasiun pengukur, tangki penyimpanan, dan jalur pipa pengangkut gas. salah satu sepsifikasi pipa yang sering digunakan adalah API 5L grade B. Tekanan desain untuk sistem perpipaan gas baja atau ketebalan dinding nominal untuk tekanan desain tertentu harus ditentukan dengan rumus berikut:

 

example minimum required thickness as per ASME B31.8 -example
ASME B31.8 2010 steel pipe design

 

D = diameter luar nominal pipa, in. (Mm)
E = faktor sambungan longitudinal diperoleh dari Tabel 841.1.7-1 [lihat juga para. 817.1.3 (d)]
F = faktor desain diperoleh dari Tabel 841.1.6-1. Dalam menetapkan nilai faktor desain, F, pertimbangan telah diberikan dan kelonggaran telah dibuat untuk berbagai toleransi ketebalan yang diatur dalam spesifikasi pipa yang terdaftar dan disetujui untuk digunakan dalam Code ini

P = tekanan desain, psig (kPa) (lihat juga para. 841.1.3)
S = kekuatan luluh minimum yang ditentukan, psi (MPa), ditetapkan dalam spesifikasi di mana pipa dibeli dari pabrikan atau ditentukan sesuai dengan paragraf. 817.1.3 (h) dan 841.1.4. Kekuatan luluh minimum yang ditentukan dari beberapa baja perpipaan yang lebih umum digunakan yang spesifikasinya digabungkan dengan referensi di sini ditabulasi untuk kemudahan dalam Lampiran Wajib D.
T = faktor penurunan suhu diperoleh dari Tabel 841.1.8-1
t = tebal dinding nominal, in. (mm)

 

untuk menghitung nilai t, maka kita bias menggunakan rumus

ASME B31.8 minimum wall thickness calculation
ASME B31.8 minimum wall thickness calculation

 

untuk mengetahui nilai S, F, E dan T, silahkan cek di artikel pipe thickness ASME B31.8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *