Rejeki dari arah yang tidak terduga-duga

Setelah menyelesaikan jenjang kuliah selama 4 tahun di Jogja pada tahun 2003, saya mulai berburu kerja. Mencari rejeki dari segala arah. Seperti layaknya mahasiswa lainnya, lihat lowongan kerja di kampus serta rajin buka website lowongan kerja di internet. Dari beberapa surat lamaran kerja, ada 3 perusahaan yang  tertarik dengan profile CV saya. Satu perusahaan di Aceh, satu perusahaan di Jawa Timur, dan satu lagi di Jakarta.  Alhamdulillah 3 perusahaan tersebut serius untuk melanjutkan tes kerja sampai ke jenjang tingkat akhir yaitu diskusi dengan user dan negosiasi gaji. Dalam hati saya berkata..ternyata banyak sekali kemudahan dalam mencari rejeki, asalkan kita bisa menembak sasaran dengan jitu.

 

Rejeki bagi Fresh graduate

apa yang bisa diandalkan dari Fresh Graduate sehingga perusahaan tertarik merekrut fresh graduate? berikut ini, saya bagikan pengalaman saya pribadi, bisa jadi pengalaman ini berbeda dengan pengalaman anda semua.

  1. Fresh graduate mempunyai pola pemikiran yang masih bersih, belum dicampuri dengan “kebiasaan lain” atau kekecewaan dengan kebijakan kantor ataupun kebijakan para atasan. Keadaan ini membuat para user lebih senang merekrut fresh graduate dan mudah membentuknya menjadi pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh, para pekerja di pabrik otomotif tentu mempunyai pola kerja yang berbeda dengan pekerja sebagai dosen.
  2. Secara umum, fresh graduate tidak berharap gaji besar bila dibandingkan dengan pekerja yang sudah experienced. Sehingga perusahaan lebih mudah dalam mengatur urusan keuangan ataupun budget operasionalnya.
  3. Perusahaan akan mencari fresh graduate dengan nilai IPK tinggi dengan harapan dia akan cepat belajar dan menyesuaikan diri di kantor. istilah kerennya “Fast Learner”.
  4. Perusahaan akan senang dengan fresh graduate dengan pengalaman organisasi ataupun kegiatan ektra kurikuler yang bersifat positif. Misalnya pernah ikut lomba di kampus, pernah ikut magang di Laboratorium ataupun ikut project selama kuliah. Kondisi ini akan mengasah ketrampilan komunikasi dan terbiasa berhubungan dengan pihak lain ataupun negosiasi.
  5. Perusahaan akan senang dengan Fresh graduate yang jujur, mempunyai integritas yang tinggi dan produktif.

5 hal tersebut, menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam merekrut Fresh Graduate. Apabila anda masih berstatus mahasiswa ataupun punya anak atau saudara yang kuliah, silahkan berbagi informasi ini.

 

Rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka

setelah bekerja selama 10 bulan sebagai fresh graduate, saya mendapatkan informasi lowongan kerja dari salah seorang “influencer”. Beliau seorang pejabat yang punya skill negotiator dan komunikator. Pada suatu perjalanan dari kota di jawa tengah ke Jakarta, beliau duduk bersebelahan dengan seorang ibu HR Manager di dalam pesawat. Dari komunikasi singkat selama 30-45 menit di pesawat, tanpa kenal sebelumnya, ibu HR Manager ini menyatakan bahwa perusahaannya sedang mencari kandidat pekerja fresh graduate ataupun pekerja muda yang punya integritas dan kejujuran tinggi.

Informasi akurat ini saya follow up dengan serius. Saya siapkan lamaran kerja dan CV terbaru. Dalam waktu kurang dari satu bulan, saya melewati beberapa proses seleksi dan dinyatakan diterima di perusahaan baru. Alhamdulillah, ada kenaikan gaji yang cukup signifikan.

Dari pengalaman tersebut, saya menyadari bahwa kita perlu menjaga “track record yang baik” dan mempunyai kenalan atau networking yang luas sehingga kita punya banyak informasi dalam mencari kerja yang sesuai dengan target kita.

 

track record dan networking

Sekitar 2 bulan yang lalu, kawan saya seorang konsultan dengan track record yang baik serta punya jaringan networking yang luas, menceritakan bahwa dia sempat ditawari beberapa posisi konsultan dengan gaji yang cukup wah. Ternyata kita memang wajib menjaga track record yang baik dan menjaga networking yang luas dalam mencari rejeki. Karena kadang rejeki datang dari arah yang tidak disangka-sangka.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *